#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Bukti Ekspansi NBA ke Kanada Berhasil
15 June 2019 10:10 WIB
OAKLAND – Toronto Raptors menorehkan sejarah manis. Untuk kali pertama sejak berdiri 1995, klub milik konsorsium Maple Leaf Sports & Entertainment itu menyabet titel NBA 2018/19. Terlebih, lawan yang mereka hadapi adalah langganan juara, Golden State Warriors di Oracle Arena, Oakland, Kalifotnia, Kamis (13/6) atau Jumat pagi WIB.

Kemenangan 114-110 pada gim keenam sekaligus menyudahi rangkaian final menjadi 4-2 untuk Raptors. Sepanjang sejarah, baru kali ini trofi Larry O’Brien “terbang” ke luar Amerika Serikat (AS). Ya, Raptors memang satu-satunya klub NBA yang bermarkas di Kanada.

Sekadar informasi, NBA melakukan ekspansi ke Kanada, 1995 silam. Saat itu, ada dua klub yang berdiri di negara ini, yakni Raptors dan Vancouver Grizzlies. Namun, sejak 2001, franchise itu pindah ke Memphis, Tennesse, dan berganti nama menjadi Memphis Grizzlies.


Baca Juga :
- San Antonio Spurs Akan Pensiunkan Nomor Punggung Tony Parker
- Keseriusan Giannis Antetokounmpo Membela Yunani di Piala Dunia FIBA

Untuk itu, Raptors layak disebut sebagai kebanggaan Kanada. “Sejak awal, saya ingin membuat sejarah di sini (Toronto) dan saya berhasil melakukannya. Ya, kami adalah juaranya sekarang,” ujar bintang Raptors, Kawhi Leonard, usai kemenangan timnya di markas lawan.

Leonard menahbiskan sebagai penghenti dominasi klub. Saat membela San Antonio Spurs, 2013/14, ia menjadi tokoh utama perusak dinasti Miami Heat. Pada musim tersebut ia membawa Spurs membantai Heat, 4-1. Saat ini, giliran Warriors yang sukses ia hentikan.

Dengan torehan 28,5 poin per gim (PPG), Leonard menjadi pemain terbaik dalam rangkaian seri puncak NBA 2018/19. Pebasket kelahiran Los Angeles, Kalifornia ini pun dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Final. Tak hanya itu, kesuksesan lain mampu dibuatnya.

Leonard menjadi pebasket ketiga sepanjang sejarah yang meraih MVP Final saat membela dua klub berbeda. Sebelumnya, Kareem Abdul-Jabbar kala membela Milwaukee Bucks dan LA Lakers, serta LeBron James saat memperkuat Miami Heat dan Cleveland Cavaliers.

Namun, ada fakta menarik usai laga ini. Gelar juara yang didapat Raptors sepertinya bakal jadi warisan dari Leonard karena setelah menjalani musim debut bersama Raptors, dirinya bakal berstatus free agent. Banyak pihak memperkirakan ia pindah ke Lakers atau LA Clippers.

Presiden Raptors Masai Ujiri pun bertekad mempertahankan Leonard. Usahanya juga mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Toronto yang siap memberi fasilitas makan gratis di seluruh restoran. Leonard kabarnya akan mendapat properti secara cuma-Cuma alias gratis.

Badai Cedera

Di sisi lain, keberhasilan Raptors menjadi juara sedikit terbantu dengan badai cedera yang menimpa Warriors. Tim asuhan Steve Kerr tak mendapatkan bantuan maksimal dari para bintang. Kevin Durant hanya bermain 12 menit pada gim kelima dan selebihnya absen.


Baca Juga :
- Banyak Bintang Mundur dari Timnas Basket Amerika, Begini Tanggapan Kemba Walker
- Lukaku Bakal Bergabung jika Dybala Setuju ke MU

Klay Thompson juga absen pada gim ketiga akibat cedera hamstring. Sedangkan pada laga terakhir, dirinya ditarik keluar pada akhir kuarter ketiga. Cederanya pun sama dengan Durant, achilles. Fakta ini jelas merugikan Warriors, utamanya dalam persiapan musim depan.

Apalagi, manajemen berencana memberi perpanjangan kontrak kepada salah satu defender terbaik NBA tersebut. “Kami masuk final dalam lima musim terakhir. Saya tak berpikir kalau dinasti Warriors akan berhenti di sini,” ujar salah satu bintang Warriors, Stephen Curry.*KRISNA C. DHANESWARA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA