#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Yamaha Terdepan dalam Tes MotoGP di Katalunya
19 June 2019 10:00 WIB
BARCELONA – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Vinales jadi yang tercepat secara keseluruhan dalam tes di Sirkuit Barcelona, Katalunya, Senin (16/6). Selain menguji coba beberapa perangkat baru, tes tersebut juga dimanfaatkan untuk mengembangkan ban Michelin untuk MotoGP 2020.

Vinales merasa puas dengan hasil tes dan dampak positif yang dperlihatkan beberapa perangkat anyar. “Kami memiliki banyak hal untuk dicoba karena masih ada kelemahan yang harus diperbaiki. Hal terpenting, kami meningkatkan waktu saat lomba. Itu sebabnya kami terus melakukan simulasi,” kata Vinales via Speedweek.com.

Pembalap asal Spanyol itu jadi yang terbanyak memutari trek, 98 lap dalam tes berdurasi tujuh jam tersebut. “Saya sedikit kelelahan karena kami tes dengan tangki bahan bakar penuh karena ingin meningkatkan waktu di lap pertama. Motor terasa baik dan kami mengakhiri tes dengan perasaan positif,” ujarnya.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Mengulik Sisi Negatif Persija
- INFOGRAFIS: Arti Besar Maguire Buat MU

Kelemahan YZR-M1 milik Vinales ada di bagian depan yang kurang merespons saat dirinya  melakukan pengereman keras. Ia sering mengeluhkan hal tersebut karena itu membuatnya tidak dapat menekan saat di tikungan. Tapi, saat tes, ia merasakan perbedaan besar dan mengaku masalah tersebut sedikit teratasi.

“Keyakinan terhadap ban depan sudah lebih baik. Saya juga dapat memberi tekanan ketika ban mulai habis. Saya berharap ini akan membantu kami di Sirkuit Assen, Belanda, dan juga Sirkuit Sachsenring, Jerman. Kami bekerja dengan baik dan berada di jalur yang tepat. Kami senang dengan hal ini,” Vinales menambahkan.

Rekan setimnya, Valentino Rossi, juga mengaku puas dengan waktu yang dicatat meski ia ada di posisi ke-14. Perasaan terhadap motor semakin meningkat. Tapi ia menegaskan bahwa masih ada hal yang perlu ditingkatkan, terutama akselerasi di sektor trek lurus yang masih menjadi kelemahan dari YZR-M1.

“Kondisinya lebih baik dibandingkan saat lomba (GP Katalunya). Kami mencoba beberapa hal mekanis, beberapa bekerja dan sebagian tidak. Secara keseluruhan, tes berjalan cukup positif. Kami siap mengembangkan motor 2020 dan melakoni lomba berikutnya. Kami berharap lebih cepat di Assen,” kata Rossi.

Soal ban baru yang diuji coba, Rossi cukup terkesan karena komponen baru bisa membuat motor bekerja lebih baik. “Daya cengkeram untuk akselerasi, lebih baik, Michelin melakukan pekerjaan bagus. Ketika keluar tikungan Anda bisa membuka gas lebih awal dan lebih cepat di sektor lurus. Ban baru lebih baik,” ujarnya.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Prediksi PSS Vs PSIS
- INFOGRAFIS: Arsenal Harus Maksimalkan Oezil

Repsol Honda juga menguji beberapa perangkat yang bakal dipasang pada RC213V 2020. Hal tersebut diakui sang pembalap, Marc Marquez, yang mengatakan bahwa tim fokus pada pengembangan motor, tahun depan. Hal itu terlihat pada fairing bagian depan dan juga bagian belakang motor yang dibuat lebih kecil.

“Kami sedikit bekerja untuk 2020, demi menemukan arah yang tepat untuk motor baru. Kami juga menguji sasis baru tapi belum tahu kapan akan menggunakannya karena masih membicarakannya. Kita lihat saja di Assen. Jika situasinya mendukung, mungkin kami dapat mencoba. Kami harus bersabar,” kata Marquez.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA