#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Usia Tidak Mengurangi Ketajaman Guerrero
20 June 2019 07:02 WIB
RIO DE JANEIRO – Paolo Guerrero mungkin telah berusia 35 tahun. Namun jangan pernah meragukan kemampuannya dalam menjebol gawang lawan. Striker timnas Peru tersebut turut membantu negaranya meraih kemenangan pertama di Piala Amerika 2019 saat menghadapi Bolivia, Selasa (18/6) lalu.

Hasil maksimal tersebut tak hanya krusial untuk Peru setelah pada laga perdana Grup A mereka hanya imbang 0-0 melawan Venezuela. Bagi Guerrero, kemenangan atas Bolivia juga membuatnya tercatat sukses mencetak gol dalam lima edisi Piala Amerika. 11 lainnya dibuat Guerrero pada edisi 2016 (1), 2015 (4), 2011 (5), dan 2007 (1).

Sekarang mantan striker FC Bayern Muenchen itu berpeluang menyamai torehan legenda Peru Lolo Fernandez yang membukukan 15 gol di Piala Amerika. Bahkan, Guerrero pun memiliki kesempatan mengejar rekor dan mengukuhkan diri sebagai top scorer sepanjang masa turnamen antarnegara Amerika Selatan tersebut.


Baca Juga :
- Ricardo Gareca Tidak Mau Melatih Argentina
- Modal Penting Selecao untuk 2022

Status itu masih dipegang bersama oleh dua legenda, Zizinho (Brasil) dan Norberto Mendes (Argentina) yang mengoleksi 17 gol di Piala Amerika. Kini Guerrero hanya memiliki satu pesaing aktif yang juga mengejar rekor tersebut, yakni penyerang Cile, Eduardo Vargas yang juga telah membukukan 12 gol sejauh ini.

Namun yang pasti kehadiran Guerrero tak melulu soal gol. Bagi Los Incas, julukan Peru, perannya lebih dari itu. Keberadaannya turut  memotivasi rekan-rekannya. Guerrero merupakan sosok pejuang sekaligus inspirator tim. Hal tersebut terbukti dalam laga melawan Bolivia.

Peru sempat tertinggal lebih dulu setelah Marcelo Martins membawa Bolivia unggul. Namun aksi Guerrero di awal babak kedua membawa kedudukan imbang. Golnya itu seolah mengubah jalannya pertandingan. Assist-nya untuk Jefferson Farfan berbalik mengantar Los Incas unggul sebelum memastikan kemenangan lewat Edison Flores.

“Paolo Guerrero pemain yang sangat berharga bagi Peru. Dia telah memberikan banyak hal bagi tim ini,” kata pelatih Los Incas Ricardo Gareca. Peran striker veteran itu akan kembali dibutuhkan Peru saat bertemu tuan rumah Brasil dalam laga pamungkas grup, Sabtu (22/6). Jika menang, Los Incas dipastikan lolos sebagai juara Grup A.*I GEDE ARDY ESTRADA DARI BERBAGAI SUMBER   


Baca Juga :
- VIDEO: Momen Gabriel Jesus Dorong VAR Hingga Hampir Jatuh
- Sulit Mendapatkan Gareca

36 – Total gol yang telah dibukukan Paolo Guerrero dalam 95 caps sejak melakoni debut bersama timnas Peru pada Oktober 2004.   

      

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA