#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Fernandinho Menua, Pep Siapkan Rodri
20 June 2019 15:18 WIB
MANCHESTER – Fernando Luiz Roza sudah memperkuat Manchester City FC selama enam tahun. Pemain yang akrab disapa Fernandinho ini pun telah menjadi salah satu pemain penting kunci Josep “Pep” Guardiola sejak tiba di Etihad pada 2016 lalu. Bagi pelatih The Citizens tersebut, peran sang gelandang sangat vital dan instrumental di lini tengah. Namun Pep sadar dirinya tak akan bisa terus mengandalkan Fernandinho.

Alasan itulah yang membuat Guardiola cukup lama mencari sosok pengganti yang sepadan.    Dalam enam musim ini, terutama sejak Pep melatih Man. City, perannya sulit tergantikan. Performanya sangat solid dan terbilang stabil meski usianya tidak lagi muda. Kini Fernandinho telah 34 tahun. Bagi pemain yang posisi sebagai gelandang bertahan di Liga Primer yang mengandalkan kekuatan fisik, ia telah melewati periode terbaiknya.

Itulah mengapa, mencari jangkar baru menjadi fokus utama Man. City karena Pep sadar tidak bisa terus mengandalkan Fernandinho. Pencarian pun telah dilakukan sejak musim lalu. Guardiola sempat tertarik memboyong Jorginho sebelum kalah saing dengan Chelsea FC. Mencari pemain yang mampu menjadi “Fernandinho baru” The Citizens memang bukan perkara mudah. Apalagi Pep sangat selektif dalam mencari pemain. 


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Mengulik Sisi Negatif Persija
- Liga Primer Berlakukan Aturan Head to head Mulai 2019/20

Namun upaya tersebut mulai menemui titik terang. Sosok yang dicari ditemukan. Ia adalah gelandang Atletico Madrid Rodrigo Hernandez Cascante atau lebih akrab disapa Rodri. Keinginan mendatangkan pemain 22 tahun itu bersambut. Rodri telah menyampaikan perpisahannya kepada Los Rojiblancos. Meskipun masih muda, kualitasnya tidak perlu diragukan. Jam terbangnya pun terbilang tinggu.  

Rodri sudah merasakan kerasnya persaingan di La Liga Spanyol selama empat tahun terakhir. Sebelum musim lalu membela Atletico, ia sempat bermain untuk Villarreal CF pada periode 2015-2018. Tak heran jika harganya terhitung mahal. Ya, Atletico memang siap melepas Rodri. Dengan syarat, ada klub yang berani menembus klausulnya senilai mencapai 62,5 juta paun (setara Rp1,1 triliun).

Namun dengan potensi besar yang dimilikinya, sangat wajar apabila Man. City bersedia menebusnya. Jika dikomparasi, statistik Rodri dengan Fernandinho di liga domestik hampir setara. Sepanjang musim lalu, Rodri mencatatkan tiga gol dan satu assist dari 34 laga di La Liga. Sementara Fernandinho menyumbang satu gol dan tiga assist di Liga Primer. Lalu, apakah itu cukup membuatnya layak menjadi jangkar baru The Citizens?

Dengan gaya permainan ala Guardiola, maka Rodri sangat layak masuk kualifikasi. Selain tangguh dalam mengover pertahanan, pemain timnas Spanyol itu piawai melepaskan umpan. Buktinya, Rodri mencatatkan akurasi operan hingga 89,6 persen di wilayah permainan lawan, salah satu yang terbaik dalam skuat Atletico. Ia bahkan mampu membuat 17 peluang emas meski lebih condong sebagai tipikal pemain bertahan.

Dalam bertahan pun Rodri luar biasa. Ia melepaskan 103 tekel, 41 intersep, dan 280 recovery. Catatan ini sedikit lebih baik dibandingkan Fernandinho yang hanya melakukan 57 tekel, 41 intersep, dan 163 recovery. Asisten pelatih Man. City Mikel Arteta pun telah menyampaikan kekagumannya terhadap Rodri. Menurutnya, sang pemain cocok dengan filosofi yang diterapkan Guardiola di Etihad.


Baca Juga :
- Pengalaman di Etihad Buat Delph Yakin Bisa Bantu Everton Raih Trofi
- West Ham Melabeli Duel dengan Man. City sebagai Pemanasan Sempurna

“Rodri? Permainannya mengingatkan saya kepada Sergio Busquets. Mampu membaca permainan, mengantisipasi perubahan dan memiliki stabilitas mental,” kata Arteta. “Saya tidak ingin bicara lebih jauh soal pemain tim lain. Namun pemain nomor 6 (jangkar) kami harus mengerti strategi yang diterapkan. Itu sangat vital. Pemain ini yang akan membuat permainan berjalan seimbang.” 

Pernyataan Arteta itu memperjelas bahwa Rodri adalah sosok yang diinginkan Guardiola untuk menggantikan peran krusial Fernandinho. Walaupun memiliki banyak pilihan gelandang yang bisa mengisi tugas sebagai penyeimbang tim, Pep butuh sosok yang benar-benar bisa membantunya mewujudkan ambisi meraih trofi Liga Champions musim depan. Kehadiran Rodri nantinya tentu akan memperbesar peluang tersebut.***CHOIRUL HUDA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA