#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Italia Cari Pengganti Di Biagio
27 June 2019 12:57 WIB
BOLOGNA – Para pemain telah meninggalkan kamp latihan tim nasional Italia U-21 di Bologna. Luigi Di Biagio adalah orang terakhir yang pergi dengan status bukan pelatih. Setelah skuat asuhannya gagal total di Kejuaraan Eropa U-21 yang berimbas pada hilangnya tiket ke Olimpiade Tokyo 2020, dia sadar diri untuk mundur. Apalagi kontraknya berakhir 30 Juni.

“Salah kami dan saya lah yang harus bertanggung jawab. Mulai 1 Juli, saya tidak lagi menjadi pelatih. Pengalaman saya berakhir sekarang. Terima kasih kepada semuanya, mulai Arrigo Sacchi, Giancarlo Abete hingga Maurizio Viscidi, yang memberikan petualangan untuk berkembang,” ujar Di Biagio. Dia membela diri, “Saya bisa katakan telah melakukan pekerjaan yang bagus. Tujuan saya adalah membangkitkan sepak bola Italia, memberikan mentalitas yang berbeda, bermain dengan cara tertentu, bersaing dengan timnas lain, mengantarkan para pemain muda ini ke Gli Azzurri.”

Setelah Di Biagio mundur, FIGC akan segera menyeleksi kandidat arsitek baru Gli Azzurrini. Mereka harus bangkit alih-alih terus menyesali kegagalan. Beberapa profil dikumpulkan, di antaranya Paolo Nicolato yang sukses mengantarkan timnas U-20 ke semifinal Piala Dunia U-20 di Polandia. Alberico Evani juga dipertimbangkan. Dia adalah caretaker tim U-21 selama Di Biagio ditugaskan mengisi kekosongan pelatih Gli Azzurri dan sekarang menjadi staf Roberto Mancini.


Baca Juga :
- Chiesa Vital untuk Italia
- Mohamed Salah Ingin Daniele De Rossi ke Liverpool

Angelo Gregucci, orang kepercayaan  Mancini, juga masuk dalam bursa. Asisten Di Biagio pada 2013-2017, Carmine Nunziata, yang berhasil mengantarkan timnas U-17 ke final Kejuaraan Eropa, bisa saja dipromosikan. Menariknya ada nama Daniele De Rossi, yang masih berhasrat tampil di lapangan semusim lagi, dalam nominasi. Namun, gelandang tersebut belum punya sertifikat pelatih sehingga sulit menerima tanggung jawab di awal Juli. Mantan sutradara permainan Juventus FC Andrea Pirlo juga dilirik.

Paling Awet


Baca Juga :
- Totti Promosi Jabatan
- De Rossi Tinggalkan AS Roma, Totti Tahu Suatu Saat Akan Tiba

Di Biaggio memimpin Gli Azzurrini U-21 sejak 2 Juli 2013, menggantikan Devis Mangia. Eks gelandang AS Roma dan FC Internazionale tersebut menjadi pelatih timnas paling awet kedua sejak era Cesare Maldini, melewati Claudio Gentile.

Tapi tentu saja dengan hasil yang berbeda. Timnas era Gentile merajai Kejuaraan Eropa U-21 2004, Di Biagio paling maksimal sampai di semifinal edisi 2017, kemudian dua kali tereliminasi di babak grup. Secara keseluruhan memainkan 57 pertandingan dengan 28 kemenangan, 12 hasil seri dan 17 kali kalah. Paling fatal kekalahan melawan Polandia di Kejuaraan Eropa ini: hasil 0-1, melumpuhkan Federico Chiesa dan kawan-kawan.* Dari Berbagai Sumber

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA