#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Nama Arteta Muncul sebagai Calon Kuat Pelatih Newcastle
27 June 2019 13:06 WIB
NEWCASTLE – Nama Mikel Arteta muncul sebagai salah satu yang dipertimbangkan untuk menggantikan posisi Rafael Benitez sebagai pelatih Newcastle United FC. The Magpies telah menyusun daftar kandidat sejak mengonfirmasikan pada Senin (24/6) lalu, bahwa kesepakatan dengan Benitez mengenai kontrak baru tidak terwujud.

Pencarian pelatih baru, dipimpin oleh direktur pelaksana Lee Charnley, masih sebatas rencana, mengingat awalnya klub berharap Benitez akan menyetujui perpanjangan 12 bulan. Namun akhirnya mereka menyadari bahwa tim harus berangkat didampingi seorang pelatih ke Liga Primer Asia Trophy dalam waktu kurang dari tiga minggu lagi.

Dari penelusuran Sportsmail, dari sekian banyak nama, Arteta yang saat ini menjabat sebagai asisten pelatih Josep “Pep” Guardiola di Manchester City FC, menempati posisi prioritas. Baru setelah itu ada Sean Dyche, yang musim lalu berhasil menyelamatkan Burnley FC dari ancaman degradasi dari Liga Primer.


Baca Juga :
- Setan Merah Cari Pemimpin
- Liga Primer Berlakukan Aturan Head to head Mulai 2019/20

Sementara itu, menurut laporan di Telegraph, Newcastle tidak ingin menunjuk “calon biasa” untuk menggantikan Benitez. Sejak memutus kontrak sang pelatih, mereka telah dikaitkan dengan sejumlah nama top: Steve Bruce, David Moyes, hingga Jose Mourinho. Masalahnya, The Magpies siap ambil risiko dengan calon pelatih yang kurang dikenal.

Arteta, 37, nyaris mengambil alih kursi kepelatihan bekas klubnya Arsenal FC musim panas lalu. Dari pengalaman bekerja bersama Guardiola, ia dinilai layak menjadi pengganti Benitez. Sementara Dyche dilihat dari faktor pengalamannya melatih di Liga Primer.

Setidaknya, Arteta punya satu kelebihan yang tak dimiliki Dyche. Ia diyakini akan lebih populer di antara pemain Newcastle yang berbahasa Spanyol. Charnley ingin menunjuk sosok yang mampu menerima kendali atas transfer minim dan lebih mudah diajak kerja sama. Tak seperti Benitez yang selalu berseberangan dengan pemilik klub, Mike Ashley.

Benitez pun masih mempertimbangkan tawaran gaji 12 juta paun dari klub Cina, Dalian Yifang FC. Namun ia tidak tahu apakah bisa menyetujui kesepakatan dengan klub mana pun sebelum kontraknya di Newcastle berakhir pada Minggu (30/6) karena masih bisa bertanggung jawab untuk membayar denda 6 juta paun pada The Magpies.

Dukungan Kompany


Baca Juga :
- Pengalaman di Etihad Buat Delph Yakin Bisa Bantu Everton Raih Trofi
- West Ham Melabeli Duel dengan Man. City sebagai Pemanasan Sempurna

Yang menarik, mantan bek Man. City yang kini menangani klub Belgia RSC Anderlecht, Vincent Kompany justru berpendapat Arteta harus tetap berada di Etihad. Alasannya, karena ia sangat yakin Arteta yang paling pantas menjadi pelatih The Citizens berikutnya jika Guardiola memutuskan pergi.

“Mari saya mulai dengan ini. Biarkan Man. City menjadi sesuatu di bawah Pep. Dan di belakangnya ada Mikel Arteta, yang memiliki banyak pengetahuan dan orang yang tepat untuk menggantikannya,” kata Kompany. “Sebaliknya, saya akan terpacu untuk bisa menjadi seperti Pep. Apakah saya akan sebaik dia nantinya? Kita lihat saja nanti."*NURUL IKA HIDAYATI

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA