#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Balapan Malam di Bahrain Jadi Pengalaman Bagus untuk Sean
18 November 2016 17:45 WIB

SAKHIR – Balapan malam hari di Sirkuit Sakhir, Bahrain menawarkan sensasi luar biasa bagi pembalap. Hal ini pula yang akan dirasakan pembalap muda Indonesia Muhammad Sean Gelael saat mengikuti balapan ketahanan enam jam FIA World Endurace Championship kategori LMP2 pada hari Sabtu (19/11).

Bagi Sean, balapan ini bakal menjadi pengalaman sekaligus pembelajaran yang bagus untuk mematangkan kemampuan balapnya. Berdasarkan jadwal yang dirilis penyelenggara FIA WEC, balapan akan berlangsung mulai pukul 16.00 sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Artinya, para pembalap akan disuguhkan tantangan balapan dengan transisi pergantian waktu siang dan malam. “Ya, tentu ini akan menjadi pengalaman yang menarik buat saya. Tahun lalu saya pernah merasakan balapan malam hari di ajang GP2 Abu Dhabi dan terasa luar biasa karena menawarkan sensasi yang berbeda,” kata Sean.

Membalap di malam hari memberi keuntungan bagi pembalap dengan kondisi cuaca yang tidak panas. Secara teknis ban lebih awet karena suhu lintasan juga tidak sepanas pada siang hari.

Namun, seperti halnya cuaca yang tak bisa tertebak di beberapa sirkuit di Eropa, kondisi angin gurun di Bahrain juga sulit diprediksi. Badai gurun bisa menyebabkan lintasan dan paddock tertutupi butiran pasir.

Sirkuit Sakhir dirancang oleh Herman Tilke. Sirkuit ini didominasi trek-trek lurus yang panjang dan juga tikungan tajam, sehingga kemampuan mengendalikan mobil saat mengerem akan diuji.

Tikungan 14 harus diantisipasi oleh para pembalap yang dalam posisi memimpin. Kegagalan untuk keluar tikungan dengan cepat bisa membuat para pebalap tersalip. Sirkuit ini memberikan tantangan yang tak mudah.

 

BERITA TERKAIT

news
'Life is a race and you must ready to race'
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA