#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Berdiri “di Atas Dunia”, Climber Profesional Kerap Taruhkan Nyawa
03 Desember 2016 05:25 WIB

JIKA sudah hobi, nyawa-pun rela jadi taruhannya. Dave MacLeod bukan tidak tahu apa risikonya menjadi pemanjat tebing profesional. Sedikit saja salah dalam melangkah dan perhitungan, nyawa bisa melayang. Baru-baru ini, Dave melanjutkan aksinya dalam menaklukkan salah satu tebing bebatuan paling berbahaya di dunia.

Pria asal Skotlandia berusia 38 tahun itu sukses berdiri tegak di atas “puncak dunia”. MacLeod berhasil menginjankkan kakinya di atas bukit berbatu Troternish, Semenanjung Isle of Sky, Skotlandia. Bukit tersebut terkenal karena kecuramannya. Sedikit saja kaki keluar dari pijakan, kematian bisa menghampiri sewaktu-waktu.

“Ini adalah kali pertama saya berada di puncak Storr. Tipe bebatuan di tebing ini sangat longgar. Sehingga menciptakan rute yang sangat berbahaya dan tidak tersedia banyak jalur pendakian,” ucap MacLeod.

Hebatnya, MacLeod hanya butuh waktu kurang dari dua jam untuk bisa sampai di puncak tertinggi di daeerah tersebut yang dikenal dengan The Storr. MacLeod memanjat dengan menggunakan tali serta harness. Namun ia mengimbau untuk tidak meniru aksinya jika belum punya banyak pengetahuan soal panjat tebing.

Karena menurutnya, seorang pemanjat tebing harus mengetahui lebih dulu standar keselamatan. Sehingga hal-hal buruk seperti jatuh dalam pendakian bisa terhindarkan. “Ya, hanya memakan waktu satu hingga dua jam untuk memanjat. Tapi setelah sampai di puncak, masalah lain masih saya hadapi. Di atas, angin begitu kencang dan sangat sulit untuk setidaknya berdiri dengan waktu yang lama,” cerita MacLeod.

Seperti kata MacLeod, ketika sudah berada di puncak, beragam kesulitan saat memanjat akan terbayar tuntas. Pemandangan indah terpampang jelas dilihat dengan mata telanjang. Apalagi, The Isle of Skye terkenal akan formasi bebatuan besar yang dramatic.

MacLeod bahkan telah memanjat sejumlah tebing di daerah tersebut, namun Storr menurutnya masih menjadi magnet paling kuat untuk para climber profesional. “Saya tidak berpikir, Anda akan kehabisan tempat-tempat baru dalam mengeksplorasi pemandangan indah di sana,” tutup MacLeod.

BIODATA MacLeod

Nama              Dave MacLeod

TTL                 17 Juli 1978 (38 tahun)

Pendakian MacLeod

2006                           Dumbarton Rock, Dumbarton, Skotlandia (Grade E11 7A)

2007                           A Muerte, Siurana, Spanyol  (Grade 9a)

2008                           Darwin Dixit, Margalef, Spanyol (Grade 8c)

2005                           Coire an t-Sneada, Cairngorms, Skotlandia (Grade XI, 11M9+/M10)

2008                           Echo Wall (Grade E11)

2010                           The Usual Suspects, SRON Uladail, Harris (Grade E9 7A)

 

BERITA TERKAIT

news
For me, Everyday it's a Game Day....
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA