#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Presley Dekati Titel Juara Formula 4 SEA
09 Januari 2017 21:51 WIB
348
0

BURIRAM –  Pembalap Indonesia Presley Martono semakin mendekati titel juara ajang perdana Formula  4 South East Asia Championship (SEA) 2016-2017. Pasalnya ia mendapat modal empat kemenangan pada total tujuh race lomba putaran ke-5 di Sirkuit Buriram, Thailand, 6-8 Januari.

Berkat torehan tersebut, kini Presley mengantongi total 434 poin atau hanya berselisih empat poin dari pimpinan klasemen sementara yang ditempati Faine Kahia (Australia). Untuk diketahui, F4 SEA musim ini tinggal menyisakan satu putaran lagi di Sirkuit Sepang, Malaysia, 20-22 Januari nanti.

Adapun Presley sejatinya tidak memulai rangkaian lomba di Thailand dengan baik. Dia hanya finis posisi tiga (Race 1) dan enam (Race 2) pada hari pertama, Jumat (6/1).

Pembalap dengan nomor mobil 32 ini baru unjuk gigi pada Race 3, Sabtu (7/1). Start sebagai pole position, ia langsung memimpin lomba sejak lap 1 sampai menyentuh garis finis. Dia unggul jauh dari posisi dua: Danial Nielsen Frost (Singapura): 12,442 detik.

Sayangnya, mobil Presley mengalami kendala teknis di Race 4, sehingga ia harus puas finis posisi sembilan. Namun ia bangkit di Race 5 atau lomba terakhir di hari Sabtu. Dia finis pertama usai memanfaatkan insiden yang dialami Frost dan Khalid Al-Wahaibi (Oman).

“Setelah hasil mengecewakan di Race 4, saya sangat senang bisa menang (Race 5). Mobil terasa luar biasa. Terima kasih kepada kru dan teknisi yang telah bekerja keras untuk memperbaiki masalah di mobil saya,” kata Presley.

Kesuksesan di Race 5, mempertebal kepercayaan diri Presley saat mengikuti dua race tersisa, kemarin. Namun perjuangan sang pembalap di Race 6 terbilang berat lantaran hanya start dari urutan enam. Lalu dewi fortuna seakan menaungi pembalap berusia 16 tahun ini.

Peraih pole position Frost memulai lomba dengan buruk. Presley mengambil kesempatan ini dan mengakhiri lomba sebagai pemenang berkat keunggulan 1,269 detik dari posisi dua Kahia.

“Saya tahu punya kecepatan mumpuni meski hanya start dari posisi enam. Saya hanya butuh kesabaran dan fokus pada diri sendiri. Lalu saya melakukan start begitu baik dan langsung naik dua posisi. Setelah itu, perlahan tapi pasti, saya menyalip semua lawan yang berada di depan,” Presley menerangkan.

Presley pun melanjutkan tren positif pada Race 7 atau lomba terakhir di putaran ke-5. Kali ini ia menang setelah mengasapi Isyray Danish (Malaysia) dengan gap 1,602 detik. Sayangnya pencapaian Presley tidak mampu diikuti pembalap nasional lainnya, Keanon Santoso. Secara keseluruhan, ia gagal naik podium pada putaran ke-5. *

Lima Besar Klasemen

1 Faine Kahia (Australia) 438

2 Presley Martono (Indonesia) 434

3 Danial Nielsen Frost (Singapura) 374

4 Akash Gowda (India) 353

5 Jordan Love (Australia)251

BERITA TERKAIT

news
'Life is a race and you must ready to race'
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA