#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Pencetak Gol Madrid Terbanyak di Eropa
11 Januari 2017 06:46 WIB

MADRID – Real Madrid dalam bentuk terbaik di musim 2016/17. Tim asuhan Zinedine Zidane ini mampu menjaga konsistensi permainan di awal tahun 2017. Dua kemenangan telak, 3-0 atas Sevilla (Piala Raja) dan 5-0 saat menjamu Granada menjadi bukti nyata. Kemenangan atas Granada kini semakin menjauhkan Madrid dari kejaran Barcelona (35) di papan atas klasemen sementara La Liga.

Kedua tim terpaut lima poin bahkan bisa menjadi delapan, lantaran Madrid (40) masih memiliki satu pertandingan tunda melawan Valencia CF. Fakta ini menyusul hasil seri yang didapat Barca dalam lawatannya ke El Madrigal, markas Villarreal kemarin.

Madrid seolah tak terbendung. Ketika para pesaing belum menemukan kestabilan dalam meraup poin demi poin, mereka justru semakin berkembang. Salah satu faktor kunci keberhasilan Madrid sejauh ini terletak dari kolektivitas Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.

Los Blancos kini tak terlalu bergantung pada ketiga penyerang, BBC (Benzema, Bale, Cristiano). Terutama dalam mengandalkan kehebatan Ronaldo membobol gawang lawan. Tapi sekarang, ada atau tidaknya pria kelahiran Madeira, Portugal 31 silam tersebut, tak lagi begitu mempengaruhi performa tim secara keseluruhan.

Artinya, Ronaldo Dependencia (ketergantungan terhadap Ronaldo) yang kerap menjangkiti tim di musim-musim sebelumnya telah berakhir. Untuk urusan mencetak gol, Madrid kini punya banyak senjata alternatif. Faktanya sejauh bergulirnya musim ini, Madrid tercatat sebagai klub yang paling banyak menyumbang pemain dalam hal mencetak gol.

Dari total 24 pemain yang ada di skuat utama, 21 di antaranya telah mencatatkan namanya di papan skor. Belum termasuk pemain cantera Enzo Zidane, yang ikut mencetak gol di ajang Piala Raja beberapa waktu lalu. Artinya, selain tiga kiper yang dimiliki, hanya bek kiri Fabio Coentrao yang belum sekali pun mencetak gol. Pemain terakhir yang masuk ke dalam daftar pencetak gol Madrid adalah Carlos Casemiro.

Gelandang asal Brasil tersebut menjadi pencetak gol penutup saat Madrid menghajar Granada 5-0 di Stadion Santiago Bernabeu. Jumlah 21 pemain tersebut tentu menjadi yang terbanyak di Spanyol dan juga Eropa. Dibanding klub peserta La Liga lain, hanya Sevilla dan Celta Vigo yang mendekati pencapaian Madrid dengan masing-masing 16 dan 14 pencetak gol berbeda.

Sedangkan dibanding klub-klub top di lima kompetisi terbaik Eropa, tak ada satu pun yang mampu melampaui kolektivitas para pemain Madrid. Baik di Seri A, Ligue 1, Bundesliga, bahkan Liga Primer Inggris. Praktis hanya Borussia Dortmund yang mampu sekadar mendekati persebaran gol Madrid dengan menyumbang 18 pencetak gol berbeda.

Sepanjang pekan ini, Madrid akan menghadapi Sevilla pada dua kesempatan. Kedua pertandingan tersebut akan berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, markas Sevilla. Pertama dalam lanjutan leg kedua Piala Raja, Kamis (12/1) dan tiga hari berselang keduanya kembali bertemu di La Liga.

Pada dua pertandingan tersebut, bukan tidak mungkin baik Sevilla dan Real Madrid akan menambah daftar pencetak gol terbanyak di masing-masing tim.

Jumlah Pencetak Gol

Real Madrid 21

Sevilla             16

Celta Vigo       14

FC Barcelona 14

Las Palmas     13

Atletico Madrid          13

Athletic Bilbao           13

Malaga            13

La Coruna      12

Villarreal        12

Alaves             11

Eibar               10

Real Betis       10

Gijon               10

Granada         9

CD Leganes    9

Real Sociedad            9

Espanyol        9

Valencia          9

Osasuna          8

Bundesliga

Dortmund      18

Schalke 04      14

Bayern Muenchen     13

Werder Bremen        12

Eintracht Frankfurt   11

Ligue 1

AS Monaco     14

St Etienne       13

OGC Nice        12

Olympique Lyon        11

PSG                 11

Liga Primer

Man City         13

Watford          12

Leicester City 12

Liverpool       12

Seri A

Sassuolo         14

Juventus         14

Lazio               14

Fiorentina      11

Napoli             11

BERITA TERKAIT

news
For me, Everyday it's a Game Day....
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA