#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Lapangan Hamadi Terus Bereproduksi
11 Januari 2017 04:16 WIB
0

SEBUAH lapangan desa di kota Jayapura, Papua itu tampak biasa saja. Seperti lazimnya lapangan kampung di penjuru Nusantara; tidak berstandar internasional. Tetapi dari lapangan ini telah lahir nama-nama besar. Lapangan fenomenal itu biasa disebut lapangan Hamadi.

Sebut saja, Yohanes Auri, Elie Aiboy, Cornelis Gedi, Nasir Warobai, Ricardo Salampessy hingga Oktovianus Maniani adalah sebagian nama besar yang lahir dan berkembang di lapangan Hamadi. Seperti siklus panen padi, lapangan Hamadi  kini kembali menelurkan tuahnya. Dua pemain Persipura Muhammad Tahir dan Osvaldo Haay menjadi pemain baru yang dilahirkan di lapangan Hamadi.

Jangan pula berpikir anak-anak di lapangan Hamadi ini mendapat didikan dari pelatih berlisensi tinggi. Pelatih-pelatih di sini hanya mantan pemain yang ingin berdedikasi usai gantung sepatu. Pengalaman dan jam terbang itulah yang disampaikan kepada bocah-bocah yang tinggal di Desa Hamadi itu.
 
“Hampir setiap sore, begitu banyak anak-anak yang ikut bermain bola di situ (Hamadi). Tidak ada pelatih berlisensi di sini, semuanya berdasarkan pengalaman. Dari situ kami belajar otodidak dan akhirnya berkembang,” kata Ricardo Salampessy, bek Persipura.

Mantan bek timnas Indonesia ini pun optimistis beberapa tahun lagi akan lahir pemain-pemain berbakat dari Hamadi. “Selain Osvaldo dan Tahir, saya lihat ada beberapa pemain lagi yang cukup bagus, namun belum diberi kesempatan,” kata pemain 32 tahun itu. 

*****Untuk selengkapnya, baca di TopSkor hari ini (11  Januari 2016)*****

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA