#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Target Sacristan di Laga Ke-50
11 Januari 2017 22:41 WIB
223
0

VILLARREAL – Kekalahan 0-4 dari Sevilla dalam lanjutan La Liga akhir pekan lalu sedikit mengganggu persiapan Real Sociedad jelang laga kedua Piala Raja kontra Villarreal, Rabu (11/1) atau Kamis dini hari WIB. Kekalahan telak tersebut membuat pelatih Eusebio Sacristan Mena murka.

Bagaimana tidak, sebelum kekalahan memalukan di kandang sendiri Estadio Anoeta tersebut, Sociedad nyaris tampil sempurna saat mengalahkan Villarreal 3-1 di leg pertama Piala Raja. Sekarang, Sacristan tak ingin anak asuhnya mengulang kesalahan kala bertandang ke El Madrigal yang baru berganti nama menjadi Estadio La Ceramica.

Sociedad sejatinya hanya butuh hasil imbang atau setidaknya tidak kalah dengan selisih dua gol atau lebih. Apalagi, ini akan menjadi laga spesial Sacristan sepanjang kariernya menukangi klub asal San Sebastian tersebut. Laga menghadapi Villarreal merupakan pertandingan ke-50 mantan asisten pelatih Barcelona itu sejak ditunjuk menggantikan David Moyes pada 9 November 2015.

Selama periode itu, Sacristan telah mempersembahkan 22 kemenangan, 10 hasil imbang, dan 17 kekalahan, termasuk dari Sevilla pekan lalu. Jika ditotal, Sociedad mampu mengumpulkan 76 poin sepanjang ditangani pelatih kelahiran La Seca, Spanyol 52 tahun silam tersebut.

Dari 49 pertandingan sebelumnya, 44 di antaranya La Liga dengan mengoleksi 20 kemenangan, 8 imbang dan 16 kekalahan. Sementara lima laga lainnya di ajang Piala Raja dengan catatan dua kali menang, dua kali seri, dan hanya satu kali menelan kekalahan. Selain itu, statistiknya khusus di La Liga, bahkan terbilang spektakuler dibanding para pelatih Sociedad sebelumnya.

Dengan 20 kemenangan, Sacristan mencatat persentase sebesar 45,4 persen dari 44 pertandingan La Liga. Artinya, tak ada satu pun pelatih Sociedad sebelumnya yang mampu melampaui statistik Sacristan. Tidak hanya itu, jumlah 50 pertandingan yang dijalani seorang pelatih di Sociedad juga bukanlah hal yang biasa.

Terlebih karena Sociedad dikenal sebagai klub yang sering gonta-ganti pelatih. Moyes bahkan hanya melewati 42 pertandingan sementara Miguel Angel Lotina tak sampai lebih dari 33 laga. Pun bila dibandingkan dengan Jose Maria Bakero (16), Perico Alonso (10), Roberto Olabe (9), dan Gonzalo Arconada (8).

Sejak kembali berkiprah di kompetisi tertinggi Spanyol La Liga, rekor jumlah pertandingan terbanyak masih dipegang Philippe Montanier. Pelatih berkebangsaan Prancis tersebut mampu melewati 82 pertandingan di segala kompetisi.

Sementara Sacristan sendiri andai musim ini berjalan lancar baginya, ia akan mengumpulkan 71 pertandingan hingga akhir musim. Bahkan bisa bertambah menjadi 76 jika ia berhasil membawa Sociedad tampil di partai puncak Piala Raja.*

 

BERITA TERKAIT

news
For me, Everyday it's a Game Day....
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA