#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
MU Sudah Siap Tempur
12 Januari 2017 04:00 WIB

MANCHESTER United akan menghadapi Liverpool dalam kondisi positif. Sembilan kemenangan beruntun di semua ajang, sebuah pencapaian yang berarti. Setidaknya, jika dibandingkan dengan kondisi di awal musim ketika performa mereka naik dan turun. Ya, periode awal Desember hingga Januari saat ini, menjadi fase yang mengesankan.

Terakhir, Wayne Rooney dan kawan-kawan mengalahkan Hull City dalam laga pertama semifinal Piala Liga. Dengan kemenangan tersebut, mereka telah menjejakkan satu kaki di Stadion Wembley. Piala Liga akan menjadi trofi yang cukup di awal karier kepelatihan Mourinho sebagai pelatih Tim Setan Merah.

Seperti diketahui, sejak ditinggal Alex Ferguson, beberapa pelatih yang menggantikan justru mengalami kesulitan. David Moyes hingga Louis Van Gaal. Bahkan, masih ada keraguan dan kritik di awal musim sejak di bawah kepelatihan Jose Mourinho. Perdebatan tentang posisi Rooney, soal penampilan Paul Pogba yang dinilai masih jauh dari ekspektasi, hingga produktivitas Zlatan Ibrahimovic yang masih minim.

Praktis sepanjang September hingga awal Desember atau sekitar empat bulan, MU berada dalam fase yang tidak menentu. Dalam 11 laga Liga Primer sejak 27 Agustus (kemenangan atas Hull di Liga Primer), MU hanya mampu meraih dua kemenangan! Tepatnya saat mengalahkan Leicester City dan Swansea City. Sedangkan dalam sembilan laga lainnya, mereka tiga kali kalah dan enam kali imbang.

Jika melihat sejak pekan pertama hingga kini, Ibra masih membuktikan dirinya sebagai penyerang yang mampu menorehkan gol dalam setiap laga. Hasil imbang lawan West Ham United dan Everton, juga karena peran penyerang asal Swedia ini. Pada 2 Januari lalu, Ibra dan Juan Mata memperlihatkan sebagai pemain yang mampu memberikan kemenangan meski gol yang mereka ciptakan baru terjadi di babak kedua.

Salah satu perubahan yang terlihat adalah kemampuan Mourinho dalam memaksimalkan pemain yang belakangan sempat dinilai akan tersisih. Ada Juan Mata dan Marouane Fellaini. Keduanya menjadi kunci kemenangan atas Hull di Piala Liga, Selasa (10/1) atau Rabu dini hari WIB.

Mourinho juga sudah memperlihatkan kepada suporter potensi sesungguhnya dari Henrikh Mkhitaryan. Intinya, semua berjalan sesuai dengan kondisi yang diharapkan. MU kini bermain dalam setiap laga dengan penuh kepercayaan diri. Mereka tim yang dinamis. Umpan-umpan yang diberikan oleh pemain tertentu juga memiliki potensi yang berbahaya bagi lawan.

Semua itu tentu merupakan pesan untuk Liverpool. Jika MU berada dalam trek kemenangan, Liverpool justru kembali ke kondisi yang tidak menentu. Hasil imbang lawan Playmouth Argyhle di Piala FA pada 8 Januari lalu, merupakan hasil imbang kedua beruntun setelah sebelumnya hanya meraih satu poin pula lawan Sunderland. Hari ini, Liverpool akan menghadapi Southampton di semifinal Piala Liga, dalam laga tandang. Ini menjadi tes krusial sebelum tandang ke Old Trafford menghadapi MU.*Irfan Sudrajat 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA