#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Waktu Pertandingan Sepak Bola Akan Dikurangi dari 90 Jadi 60 Menit
19 Juni 2017 07:14 WIB
0

MOSKOW – Sejumlah gagasan dimunculkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk membuat sepak bola menjadi lebih atraktif. Salah satu ide yang tengah dipertimbangkan oleh lembaga yang berwenang membuat atau mengubah aturan dalam sepak bola ini adalah memangkas waktu pertandingan dari 90 menit menjadi hanya 60 menit.

Gagasan ini tercantum dalam program yang diberi label Play Fair!. Di situ diwacanakan sebuah laga sepak bola yang dimainkan 2x30 menit, bukan 2x45 menit seperti yang berlaku selama ini. Tapi, waktu yang hanya 30 menit pada setiap babak itu dijalankan seefektif mungkin di mana wasit akan menghentikan jam saat bola tidak dimainkan.

“Banyak orang yang merasa sangat frustrasi karena sebuah pertandingan yang berlangsung 90 menit hanya memiliki waktu bermain efektif atau effective playing time (EPT) kurang dari 60 menit. EPT adalah waktu saat bola benar-benar dimainkan. Proposal ini diajukan untuk mengurangi tindakan membuang-buang waktu dan mempercepat permainan di lapangan,” begitu penjelasan dalam dokumen Play Fair!.

Sejumlah proposal yang diajukan IFAB dalam dokumen ini ada yang bisa langsung diterapkan dan tidak mengharuskan adanya perubahan aturan. Tapi, sebagian lainnya masih harus diuji coba dan ada pula yang masih perlu dibahas lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA