#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Hector Moreno Penerus Rafael Marquez di Timnas Meksiko
20 Juni 2017 00:45 WIB
0

KAZAN – Hector Moreno menyelamatkan Meksiko dari kekalahan pada laga pertama Piala Konfederasi 2017, Minggu (18/6). Ia membukukan gol penyeimbang ke gawang Portugal di menit terakhir. Gol juga mengukuhkan resputasi bek yang baru saja pindah dari PSV Eindhoven ke AS Roma itu sebagai salah satu pilar utama El Tri.

Moreno dipandang sebagai penerus bek legendaris Meksiko, Rafael Marques, yang usianya sudah mencapai 38 tahun. Meski belum sehebat Marquez, Moreno menempuh perjalanan karier yang hampir sama dengan seniornya tersebut. Marquez membuat debutnya di pentas profesional pada 1996 bersama Atlas di liga Meksiko. Tiga tahun kemudian, ia langsung terbang ke Eropa untuk bergabung dengan AS Monaco.

Marquez mencapai puncak kariernya di sepak bola sejak bergabung dengan FC Barcelona pada 2003. Bersama klub Katalunya tersebut ia memenangi sejumlah gelar bergengsi termasuk empat gelar La Liga, dua gelar Liga Champions, dan satu Piala Dunia Klub. 

Seperti Marquez, Moreno pun tak berlama-lama menjalani karier di Meksiko. Baru dua tahun mencicipi sepak bola profesional bersama Pumas UNAM, ia memutuskan menyeberang ke Eropa untuk memperkuat klub Belanda, AZ Alkmaar. Kini, Moreno berpeluang mencapai level lebih tinggi usai meresmikan transfernya ke Roma beberapa hari yang lalu.

Prestasi Moreno memang tidak segemerlap seperti Marquez. Tapi, pemain 29 tahun ini lumayan sukses dengan dua kali memenangi gelar Eredivisie bersama AZ pada 2008/09 dan PSV pada 2015/16. 

Sebagai bek, Moreno juga terbilang haus gol seperti Marquez. Meski koleksi gonya di timnas Meksiko tak sebanyak Marquez yang membukukan 18 gol dari 139 laga, catatan Moreno tak terlalu buruk dengan tiga gol dari 80 pertandingan.

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA