#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Pendidikan Alam Sejak Belia
11 Agustus 2017 04:30 WIB

Satu dekade merancang petualangan mendebarkan bagi banyak siswa di Australia, membawa mereka berhadapan langsung dengan laba-laba gua, albatross, bahkan buaya liar, kali ini The Tree House Challenge berencana menyusuri sejumlah hutan lebat di kawasan Tasmania, sepanjang Agustus.

Bagian mudahnya jelas saat berada di darat: berjalan kaki, memindahkan batang kayu, memasang kamera sensor, menangkap sejumlah serangga, sampai mencatat sampel dari berbagai tumbuhan. Namun, petualangan sesungguhnya adalah ketika berpindah dari satu pohon ke pohon lain, memasang tali untuk memanjat semua cabang hingga ke puncaknya. 

Untuk menambah kejutan ekstra, panitia berniat membangun rumah pohon sebagai tempat istirahat di setiap hutan. Jadi semua peserta bakal merasakan bagaimana seru dan menegangkannya hidup di tengah belantara.

Andrew Hughes, salah satu penggagas The Tree House Challenge, mengunjungi langsung 2750 siswa sekolah dasar di seantero Australia untuk mencari peserta. Selama berdiskusi dengan para bocah cilik, sejumlah pertanyaan unik muncul, seperti: “Bagaimana jika dahan tempat tali terikat patah, dan kita jatuh?”, “Binatang apa yang bisa menyerang saat kita tidur di rumah pohon?”, atau “Apakah ada orang jahat yang akan membakar pohon tempat kita tinggal?”.

Namun, Hughes meyakinkan bahwa The Tree House Challenge memiliki tim ahli yang sudah terlatih menghadapi situasi berbahaya. Jadi, para peserta bisa fokus mempelajari berbagai keterampilan bertahan di alam bebas, seperti menakar risiko, memecahkan masalah, kerja sama tim, keluar dari kondisi sulit, dan terutama berpikiran terbuka.

Hughes sendiri memang sudah terbiasa menjadi pemandu kegiatan ekstrim bagi anak-anak. Tahun lalu, ia bekerja sama dengan Sekolah Dasar Windermere dalam petualangan menyusuri perairan Selandia Baru selama sebulan penuh. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

“Para siswa sangat antusias mengikuti petualangan Andrew. Itu menghadirkan perspektif baru terhadap tempat tinggal mereka dan membuat anak-anak itu tahu bahwa danau dan sungai sangat penting untuk kehidupan,” ujar salah seorang guru. Sementara Hughes menambahkan, “Saya melewati petualangan seru, diwarnai sepatu membeku, perairan ganas, dan satwa mengagumkan.”* Teguh Kurniawan


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA