#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Begini Aksi Disabilitas Menembus Batas
17 September 2017 23:21 WIB

Pesta olahraga ASEAN Para Games IX/2017 dimulai. Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, (17/9) jadi tuan rumah. Hajatan dua tahunan itu menggelorakan semangat pantang menyerah demi meraih cita-cita kepada seluruh atlet, ofisial, dan masyarakat.

"Tidak ada yang bisa menghalangi kita meraih cita-cita, termasuk keterbatasan fisik maupun intelektual. Jangan menyalahkan takdir, jangan terlarut dalam keputusasaan. Kita harus berjuang terus demi meraih keinginan-keinginan besar," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin Abu Bakar dalam pidatonya di acara tersebut.

Khairy menyebut, atlet-atlet dengan disabilitas merupakan cerminan utuh bahwa setiap manusia bisa menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Para atlet tersebut menumbangkan segala ketidakmungkinan yang disematkan oleh orang-orang picik kepada mereka.

"Mereka menunjukkan kepada orang-orang yang menganggap mereka tidak bisa menjadi atlet karena keterbatasan bahwa mereka bisa hadir di sini untuk berkompetisi dengan para olahragawan terbaik mewakili negaranya," tutur Khairy.  

Pertempuran para atlet disabilitas ini digelar pada 17-23 September 2017 dan diikuti total 1.428 atlet dari 11 negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Filipina, Kamboja, Singapura, Laos, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Malaysia.

Kontingen Indonesia mengikuti 11 cabang dari 16 cabang yang dipertandingkan yaitu catur, goalball, atletik, angkat berat, bulu tangkis, sepak bola Cerebral Palsy (CP), panahan, tenis meja, renang, boling serta paracycling (track dan road race).*Suryansyah

Foto-foto TopSkor-Ady Sesotya

 

BERITA TERKAIT

Penulis
Komentar
ARTIKEL SEBELUMNYA