#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ini Format Baru dan Jadwal Pertandingan Piala AFF 2018
25 September 2017 13:00 WIB

NUSA DUA - Mulai tahun depan format penyelenggaraan Piala AFF berubah. Bila sebelumnya turnamen memakai format setengah kompetisi dan digelar secara home tournament, maka mulai Piala AFF 2018 berubah total.

Dalam kongres luar biasa Dewan AFF di Bali, akhir pekan lalu, telah disahkan perubahan format putaran final Piala AFF. Dalam format terbaru disebutkan putaran final tetap dibagi ke dalam dua grup.

Namun perbedaannya adalah penyisihan grup memakai format kandang dan tandang, setengah kompetisi. Dengan begitu Piala AFF 2018 yang akan diikuti 10 negara peserta, dibagi ke dalam dua grup, setiap tim akan bermain empat kali di penyisihan grup.

Kemudian setiap tim yang bermain di putaran final Piala AFF, memainkan 2 kali laga kandang dan 2 kali laga tandang. Ketentuan mana laga kandang dan mana laga tandang, ditetapkan dalam undian tahun depan.

Untuk semifinal dan final tidak berubah dari sebelumnya, yaitu 2 leg kandang dan tandang.

Sebanyak 9 negara sudah ditetapkan bermain di putaran final. Tinggal dua negara menjalani play-off berdasarkan prestasi di Piala AFF 2016, yaitu Timor Leste vs Brunei Darussalam.

Play-off antara Timor Leste vs Brunei Darussalam digelar 2 leg, kandang dan tandang. Jadwal pertandingannya adalah 3-11 September 2018 sesuai dengan jadwal internasional FIFA.

Sedangkan jadwal pertandingan putaran final Piala AFF 2018 ditetapkan pada 8 November sampai 15 Desember 2018.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA