#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Reputasi Barca Mulai Jatuh di Eropa
11 Oktober 2017 23:10 WIB

BARCELONA – FC Barcelona sempat berada di tingkat tertinggi selama satu dekade. Namun belakangan, lawan-lawan klub Katalunya tersebut, terutama di Liga Spanyol, telah melakukan perubahan hingga mampu memperkecil ketertinggalan dari mereka, selain juga ada yang sempat melampaui Los Azulgrana.            

Tak pelak, terlepas musim ini mereka telah menunjukkan perubahan positif di La Liga per tujuh jornada, namun Barca dinilai kian berkurang peran mereka sebagai protagonis di kompetisi domestik Spanyol, selain juga di Liga Champions. Jika di masa lalu Barca sempat menjadi referensi bagi klub lain, namun kini perlahan berubah.

Ada beberapa gejala yang menjadi alarm bagi mereka, tak hanya karena belakangan justru Real Madrid yang memenangi banyak gelar penting, namun juga karena Barca memperlihatkan sinyal negatif dalam beberapa hal, termasuk di luar lapangan.

Barca Tak Menjadi Tim Unggulan

Untuk kali pertama dalam sejarah Liga Champions, Barca tak berstatus sebagai tim unggulan di undian Liga Champions. Situasi ini belum pernah terjadi sebelumnya. Tak ayal itu menjadi bukti lain berkurangnya protagonis klub Katalunya ini di panggung Eropa. Los Azulgrana yang biasanya mencapai tahapan akhir di Liga Champions minimal sampai semifinal, namun dalam dua musim terakhir mereka justru tumbang di perempat final.

Bukti terdekat, seperti dirilis Marca, Rabu (11/10/2017), Barca pernah menjadi tim yang diinginkan oleh pemain manapun. Los Azulgrana selalu membanggakan pemain-pemain penting yang mereka rekrut, tapi musim ini justru hal itu telah berubah. Braca tak lagi dapat merekrut pemain bintang seperti Philippe Coutinho dan Marco Verratti. Ironisnya, mereka tak dapat mencegah kepergian Neymar Junior di Paris Saint-Germain.

 

 

BERITA TERKAIT

news
Berdomisili di Jakarta Selatan. Di dapur redaksi TopSkor dipercayakan meracik berita-berita seputar Liga Spanyol dan lintas Eropa. Follow Twitter: @zoelfick
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA