#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Setelah TMII, Pemerintah Siap Bangun Museum Olahraga di Kompleks GBK
14 November 2017 19:01 WIB

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) siap membangun Museum Olahraga di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Itu diungkapkan Menpora Imam Nahrawi saat membuka pameran foto bertema Indonesia Sport Heroes di Mal Ciputra, Senin (13/11).

Sejatinya, Indonesia sudah memiliki museum olahraga yang terpusat dengan berbagai museum lainnya. Yaitu, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Namun, lokasinya bisa dibilang terlalu jauh dari pusat kota. Kendati, tiketnya sangat merakyat, yaitu Rp 2.000.

“Ya, kami sudah rencanakan. Pemerintah saat ini sudah memiliki museum olahraga di TMII seluas 3.000 meter persegi,” ujar Imam menyebut museum yang dibangun sejak 20 April 1989 itu.

Museum Olahraga di TMII dibangun di tanah seluas 1,5 hektar. Terdapat berbagai koleksi sejarah olahraga di Tanah Air.

Mulai dari Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Juga ada dokumentasi sejarah tim Kopassus yang menaklukkan Gunung Himalaya.

“Realisasinya, usai Asian Games 2018. Pembangunan museum ini di kawasan GBK seluas 5.000 meter persegi. Sehingga, museum ini bisa dikunjungi semua elemen. Tidak hanya atlet, tapi masyarakat luas sebagai bagian dari sejarah olahraga Indonesia,” Imam, menambahkan.

Sejak awal, Kompleks GBK memang dipusatkan sebagai sentra olahraga di Tanah Air. Di kawasan ini terdapat Stadion Utama GBK dan berbagai venue berskala internasional.***

BERITA TERKAIT

news
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA