#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
LTS Bandung : Kick-Off Akhir Pekan Ini
15 November 2017 05:09 WIB

BANDUNG – Setelah Jakarta, akhir pekan ini Liga TopSkor (LTS) U-13 akan resmi kembali diputar di Bandung. Tidak seperti musim lalu, animo peserta Zona Bandung kali ini meningkat. Bahkan operator terpaksa membatasi peserta agar kualitas kompetisi dan penyelenggaraan tetap terjaga.
 
Kick-off perdana rencananya dilangsungkan Minggu (19/11) di Football Plus Arena, Parongpong, Bandung Barat. Tapi sebelum itu, tahapan terakhir yakni managers meeting  akan digelar Kamis (16/11) di Hotel Ibis Trans Studio Bandung. Pada kesempatan itu berbagai regulasi pertandingan akan dijabarkan pihak penyelenggara. 

Jumlah peserta yang musim lalu hanya 10 tim, musim ini diikuti 14 kontestan. Bahkan menurut koordinator LTS Bandung, Diki, masih banyak tim yang ingin ambil bagian musim ini. Namun, pihak penyelenggara membatasi 14 kontestan. LTS Bandung berlangsung mulai 19 November dan berakhir 25 Februari 2018.

“Dengan berat hati kami hanya menerima 14 kontestan. Disamping menyesuaikan jadwal pemakaian venue, kami juga ingin membentuk strata kompetisi seperti Jakarta. Musim depan kami akan gelar Divisi 1 sehingga akan ada promosi dan degradasi pada musim ini,” ujar Diki, seraya menambahkan LTS Zona Bandung kali ini  bakal marak. Karena tim-tim yang ambil bagian memiliki kualitas pembinaan yang bagus. 

Untuk sistem pertandingan akan berlangsung setengah kompetisi. Setiap tim selama satu musim nantinya bakal memainkan 13 pertandingan. Tiga tim terbawah akan turun dan berlaga di Divisi 1 musim depan. 

“Animo SSB di Bandung untuk ikut Liga TopSkor sangat tinggi. Padahal musim lalu kami kesulitan cari peserta. Itu salah satu alasan kami kembali menggelar Liga TopSkor di Bandung musim ini,” kata Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan.
Pria yang biasa disapa Yuke tersebut berharap LTS Zona Bandung terus melahirkan pesepak bola berbakat yang bisa bermain untuk tim nasional. “LTS Bandung musim lalu meloloskan satu pemainnya ke timas U-16, yakni Rayhan dari SSB Saint Prima. Jadi saya berharap akan ada bibit-bibit lain yang bisa meneruskan jejak Rayhan masuk timnas,” Yuke menambahkan.
 
Untuk meningkatkan motivasi para pemain dalam bertanding, penyelenggara LTS Zona Bandung juga menyiapkan hadiah untuk pemain terbaik di setiap pekannya. Pemain terbaik nantinya dipilih langsung oleh legenda hidup Persib Bandung Robby Darwis, yang merupakan anggota tim Technical Study Group (TSG) Liga TopSkor.

Yogya Bergeliat
Sementara itu, babak-play off Liga TopSkor Zona Yogyakarta telah memasuki pekan kelima, akhir pekan lalu. Di kategori U-13, SSB Tugu Muda masih memimpin dengan perolehan poin 11 dari hasil tiga kemenangan dan dua hasil imbang. Di posisi kedua dan tiga ada SSB Browijoyo serta Bonansa asal Solo.

Menurut koordinator LTS Yogyakarta, Eko Budiyanto, para kontestan mayoritas telah memahami arti dari kompetisi pembinaan usia muda. Tidak melulu soal urusan menang kalah, melainkan memberikan jam terbang pemain menjadi fokus utama para kontestan. 

“Salah satunya tim Indonesia Muda Football Academy (IMFA). Mereka konsisten mendaftarkan 22 pemain ke dalam susunan pemain di setiap pertandingan. Jadi di babak kedua, semua pemain diganti. Karena bukan kemenangan yang mereka cari, tapi memberikan pengalaman bertanding ke anak-anak,” ujar Eko.

LTS Zona Yogyakarta baru akan menggelar kompetisi utamanya pada 2018. Musim lalu, juara LTS di Kota Gudeg ini diraih oleh SSB Gama, yang kemudian mewakili Yogya ke putaran nasional di Jakarta.*Furqon Al Fauzi

Peserta LTS Zona Bandung
1. Rick's
2. Footballplus
3. NIAS Bandung Barat
4. Young Guns
5. Galuh Putra 
6. BBC DUTA MOTOR
7. SASWCO
8. Saint Prima
9. Bina Sentra
10. UNI
11. Primavera
12. YG 5
13. BAFC
14. SURYA FC

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA