#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Berkayak Santai di Ekspedisi WomDomNom
23 November 2017 04:25 WIB

Sedikitnya 200 pendayung kayak (kayaker) dunia akan memadati sungai Macquarie, Australia, Minggu, (26/11). Mereka akan mengikuti event tahunan bernama Eksepedisi WomDomNom. Ekspedisi ini baru akan dimulai pada Kamis, (24/11) pagi, waktu setempat. Para kayakers dunia akan memulainya dari tembok Dam Burrendong.

Menariknya, para kayakers itu akan mendayung sejauh 170 kilometer dan akan menghabiskan waktu selama lima hari perjalanan. Dimulai dari Dam Burrendong serta finis di Narromine. Ini merupakan ekspedisi WomDomNom ketujuh. Kali pertama dilaksanakan pada 2011 silam. 

WonDomNom adalah singkatan dari Wellington on Macquarie (Wom), Dubbo on Macquarie (Dom), Narromine on Macquarie (Nom). Seperti diketahui ekspedisi ini dirancang sebagai event dayung rekreasi. Para kayakers akan disediakan tenda untuk berkemah. Uniknya, mereka tidak akan berada di atas air selama seharian. Akan tetapi mereka hanya diperbolehkan mendayung selama enam jam per hari. Selebihnya mereka akan berkemah.

Selama lima hari perjalanan, kayakers akan melewati Wellington dan Dubbo sebelum mereka finis di Narromine. Ini bukan kejuaraan, melainkan ini sebuah acara amal. Nantinya  dana yang telah terkumpul akan disumbangkan kepada para pengidap depresi dan gangguan jiwa. Ekspedisi ini banyak menarik minat kayakers dunia. Andrew Mckay selaku ketua penyelenggara mengatakan, bahwa tiap tahunnya peserta WonDomNom selalu bertambah. 

“Minat peserta untuk mengikuti ekspedisi ini terus meningkat tiap tahunnya,” kata Andrew.  Jumlahnya meningkat tiga kali lipat sejak event pertama pada 2011, bahkan sudah ada yang mendaftar untuk tahun depan,”. Kendati begitu Andrew slelalu membatasi peserta sesuai dengan kebutuhan logistik. 

Selain itu, Andrew mengaku event tersebut dibuat guna menarik para wisatawan manca negara untuk berkunjung ke Australia. Sementara, para peserta juga akan disuguhkan pemandangan khas negeri kanguru dalam perjalanannya. "Ini kesempatan untuk meningkatkan partisipasi peserta,” ujar Andrew. “Kayak merupakan cara berolahraga yang sangat santai untuk menghabiskan waktu pada pagi hari dan sore."

Di sisi lain, para penduduk setempat juga turut mendukung Ekspedisi WomDomNom ini. Hal itu dapat dilihat ketika mereka menonton dan memberikan makanan, seperti roti dan ikan tongkol kepada peserta yang melewati pemukiman mereka. Event ini akan ditutup pada hari Minggu, 26 November di Narromine di jalan setapak Rotary Park sekitar waktu makan siang.*Dedhi Purnomo/CR10

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA