#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Berharap Kejutan di SUGBK
13 Januari 2018 04:00 WIB

LUPAKAN kekalahan telak Indonesia Selections dari timnas Islandia. Laga yang digelar Kamis (11/1) lalu itu memang akhirnya menjadi “lelucon” setelah barisan pemain veteran Indonesia dicukur 0-6. Akan lebih baik untuk beranjak menantikan aksi wajah timnas Indonesia yang sesungguhnya, dalam laga uji coba Minggu (14/1) malam ini menghadapi Our Boys—julukan timnas Islandia.

Semoga tidak ada lelucon yang kedua yang mewakili nama Indonesia di lapangan nanti. Tepatnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Apalagi, laga tersebut merupakan pertandingan pertama timnas Indonesia setelah SUGBK direnovasi untuk menyongsong Asian Games 2018 ini. Rencananya pula, Presiden Joko Widodo pun akan meresmikan digunakannya SUGBK wajah baru untuk kali pertama oleh timnas.

Semua alasan tersebut idealnya cukup untuk mengingatkan pasukan Luis Milla bahwa mereka harus menang dalam laga nanti. Atau minimal, tidak boleh kalah dari Tim Viking. Publik sepak bola Tanah Air butuh hasil positif dari laga lawan Islandia. Perlu diingat pula bahwa tim Indonesia ini juga salah satu kerangka bagi Milla untuk membentuk timnas U-23 untuk Asian Games 2018.

Jadi, jelas bahwa laga kedua lawan Islandia, besok, memiliki bobot yang besar. Yang ingin dilihat dari timnas Indonesia nanti adalah bagaimana permainan Boaz Solossa dan kawan-kawan. Mampukah mereka memberikan perlawanan kepada tim asuhan Helmir Hallgrimsson dalam laga nanti. Permainan timnas Islandia ketika mengalahkan Indonesia Selections bisa menjadi evaluasi. Milla dan asisten pelatih Bima Sakti tentu telah memelajari kekuatan Tim Viking tersebut.

Kekuatan fisik, postur tubuh, dan gaya permainan yang relatif cepat, merupakan ciri yang terlihat dari permainan Islandia dalam laga pertama di Indonesia. Menitikberatkan serangan dari kedua sayap, serta umpan-umpan silang yang kerap terlihat setidaknya memberikan gambaran terkait apa yang akan dihadapi timnas Indonesia dalam laga nanti. Ya, Indonesia boleh jadi menghadapi lawan yang salah tapi ini bisa menjadi sisi positif jika Milla mampu memanfaatkan laga ini dengan sebaik-baiknya. Semakin kuat lawan, tentu akan semakin baik.

Jujur saja, publik sudah siap menerima kekalahan apalagi yang akan dihadapi adalah tim asal Eropa. Meski Islandia datang dengan pemain kelas dua atau tiga tapi mereka adalah tim yang sudah bersama-sama sejak lama. Menurut Eidur Gudjohnsen, mantan bintang timnas Islandia yang juga mendampingi tim ini di Indonesia, tim Islandia saat ini adalah barisan generasi emas yang akan menjadi pemain masa depan.

Islandia juga tim kontestan Piala Dunia 2018. Dengan demikian, tentu, hasil positif dalam laga nanti menjadi pencapaian yang cukup istimewa. Kemenangan di awal tahun ini akan menyebarkan atmosfer positif bagi sepak bola Indonesia pada tahun yang penting ini. Piala Presiden 2018, Liga 1 dan level lainnya, Asian Games 2018, Piala AFF U-18, atau Piala Asia U-19. Tahun ini adalah tahun pesta olahraga di Tanah Air. Jadi, akan lebih baik jika kita mengawalinya dengan hasil yang baik pula.

Ya, besok, publik sepak bola Tanah Air akan menyaksikan aksi-aksi para pemain muda dan juga pemain senior Indonesia. Boaz Solossa, Lerby Eliandry, Bayu Pradana, atau Ilham Udin. Penyelamatan Andritany Ardhiyasa atau Satria Tama dan Awan Setho di bawah mistar. Penampilan Andik Vermansyah, Egy Maulana, Febri Haryadi, atau I Putu Gede dalam menjaga pertahanan bersama Hansamu Yama, serta pergerakan Gavin Kwan dalam menyisir sisi lapangan, dan tentu kemampuan pemain naturalisasi seperti Victor Igbonefo. Dari mereka, kita tidak ingin mendapatkan kejutan yang buruk di awal tahun.*Irfan Sudrajat


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA