#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
INFOGRAFIS: Aksi Gila Borussia Dortmund Demi Menyaingi Bayern Muenchen
24 Mei 2019 10:13 WIB
DORTMUND - Selasa dan Rabu lalu adalah hari-hari yang sangat sibuk bagi CEO Borussia Dortmund Hans-Joachim Watzke. Dalam waktu sekitar 24 jam tersebut dia merampungkan pembelian tiga pemain sekaligus dengan menghabiskan biaya hingga 76 juta euro (Rp 1,2 triliun).

Operasi ini ini diawali dengan perekrutan bek kiri Nico Schulz dari TSG Hoffenheim dengan harga 25,5 juta euro (Rp 410,5 miliar), Selasa (21/5). Keesokan harinya, Watzke meresmikan pembelian winger Thorgan Hazard dari Borussia Moenchengladbach dengan harga yang sama. Dia kemudian mengumumkan transfer gelandang serang Julian Brandt dari Bayer Leverkusen dengan menebus 25 juta euro (Rp 402,4 miliar).

Sebelumnya, Watzke juga telah memermanenkan kontrak striker Paco Alcacer dengan membayar 21 juta euro kepada FC Barcelona, November lalu. Artinya, total pengeluaran Die Borussen di bursa transfer sepanjang 2019 ini mencapai 97 juta euro (Rp 1,5 triliun).


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Kesempatan Terakhir Generasi Emas Kolombia
- Kehadiran Leroy Sane Bakal Memperkaya Bayern Muenchen

Angka ini mendekati rekor pengeluaran terbanyak di pasar transfer yang dicatatkan Dortmund pada musim 2016/17 saat mereka menghabiskan 121,1 juta euro (Rp1,9 triliun). Bukan tidak mungkin Die Borussen bakal mematahkan rekor itu dengan dua atau tiga pembelian lagi.

Gerak cepat Dortmund dan banyaknya biaya yang dihabiskan di bursa transfer musim panas ini menggambarkan besarnya ambisi klub itu memenangi gelar Bundesliga musim depan. Maklum, Die Borussen sempat sangat dekat Meisterchale musim ini. Mereka bahkan sempat unggul sembilan poin di puncak klasemen atas FC Bayern Muenchen pada Desember 2019 sebelum kalah dalam persaingan di pekan terakhir.

“Kami ingin kembali bersaing memperebutkan gelar Bundesliga musim depan. Tidak ada jika, tidak ada tapi,” kata Watzke. “Kami satu-satunya kekuatan kedua di sepak bola Jerman (setelah Muenchen). Kami akan lebih ambisius dan lebih agresif dalam musim-musim berikutnya.”

Watzke bukan sekadar sesumbar. Aksi belanja besar-besaran yang dilakukan di bursa transfer musim panas 2019 yang baru saja dibuka jadi bukti ambisi mereka. Apalagi, ketiga pemain baru yang didatangkan ke Signal Iduna Park kali ini masuk dalam jajaran pemain terbaik di Bundesliga.

Schulz adalah bek sayap pekerja keras yang telah jadi langganan tim nasional Jerman sejak tahun lalu. Dia bakal jadi solusi ideal bagi sektor bek kiri Dortmund yang selama ini bermasalah. Sementara Hazard adalah pilar timnas Belgia dan salah satu kunci sukses Gladbach finis di peringkat kelima klasemen Bundesliga musim ini dan lolos ke Liga Europa.

Di pihak lain, Brandt disebut-sebut sebagai bintang masa depan Jerman. Usianya baru 23, tapi dia telah enam tahun berkiprah di Bundesliga dengan memainkan lebih dari 160 pertandingan. “Dia pemain yang masih muda dengan potensi besar,” kata Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund. “Dia bisa digunakan di sejumlah posisi ofensif dan akan memperkaya permainan kami dengan kreativitasnya.”

Perekrutan ketiga pemain tersebut bukan kabar mengejutkan karena mereka telah dikait-kaitkan dengan Dortmund dalam beberapa bulan terakhir. Tapi, singkatnya proses transfer para pemain itulah yang menjadi sinyal bagi rival-rival mereka khususnya Muenchen.

Dortmund bukan saja menambah kekuatan dengan merekrut ketiga pemain ini. Pada saat yang sama Die Borussen juga menggerogoti kekuatan Hoffenheim, Gladbach, dan Leverkusen yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi rival terdekat di pentas sepak bola Jerman. 


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Hasil Latihan Keras dan Uji Coba Persib
- INFOGRAFIS: Prediksi Timnas Indonesia Vs Vanuatu

Fakta ini sangat menarik karena selama ini Muenchen lah yang selalu dituding telah mematikan persaingan di Bundesliga dengan cara membeli para pemain terbaik dari klub-klub rival. Kini, Dortmund boleh dibilang ikut bertanggung jawab karena menjalankan strategi yang sama.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA