#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Bintang Liga Primer Dominasi Skuat Brasil
11 Juni 2019 14:30 WIB
PORTO ALEGRE – Brasil memang tanpa Neymar dalam Piala Amerika 2019. Namun, Tim Samba masih memiliki cukup pemain yang tampaknya tidak akan mengurangi kekuatan dan ciri khas mereka. Salah satu pemain tersebut adalah Roberto Firmino. Selama masih ada pemain dengan karakter seperti Firmino, Willian, dan Gabriel Jesus, mereka memiliki peluang besar mengeksploitasi jantung pertahanan lawan.

Timnas Bolivia akan menjadi tim pertama yang akan menghadapi keganasan Brasil yang tampil dalam ajang ini dengan status tuan rumah. Tepatnya pada Jumat (14/6) nanti. Empat hari kemudian, pasukan asukan Tite menantang Venezuela, dan pada 22 Juni lawan Peru. Ya, sebagai tuan rumah, Brasil berada di Grup A bersama tiga tim tersebut. Mereka bukan memang bukan lawan yang mudah, khususnya Venezuela dan Peru.

Venezuela contohnya, datang dengan sejumlah bintang yang tampil dalam liga Eropa seperti penyerang Newcastle United, Salomon Rondon. Tapi, jika ukurannya bintang, Brasil memiliki sejumlah pemain dengan kategori tersebut. Bahkan, kategori “Liga Primer”. Firmino, contohnya, datang setelah membawa Liverpool meraih gelar Liga Champions. Faktanya, dari 23 pemain yang masuk daftar tim skuat Brasil, enam di antaranya merupakan pemain yang bermain di sepak bola Inggris tersebut.


Baca Juga :
- Komentar Tite Saat Brasil Disoraki Suporter Sendiri di Copa America
- Agennya Terbang ke Italia, Liverpool Bisa Kehilangan Bek Tangguh Ini

Selain Firmino, di bawah mistar ada dua penjaga gawang Liga Primer: Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson (Manchester City). Keduanya merupakan pemain dari tim juara. Di lini tengah ada dua The Citizens, Fernandinho, penyerang Gabriel Jesus, sedangkan di lini depan, selain Firmino, Brasil membawa Richarlison (Everton). Mereka merupakan pemain penting di klubnya masing-masing.

Bersama Alisson, Firmino berpeluang menjadi bagian penting dari pasukan Tite. Keduanya datang dengan kepercayaan diri yang tinggi setelah sukses meraih gelar Liga Champions 2018/19 bersama Liverpool. Sebenarnya, ada satu lagi bintang Liga Primer yang berpeluang masuk skuat: Lucas Moura, pemain Tottenham Hotspur yang juga finalis Liga Champions musim lalu itu. Meski demikian, Tite akhirnya harus mencoret pemain yang menorehkan tiga gol untuk Spurs dalam semifinal Liga Champions.

Dominasi “Liga Primer” dalam skuat Brasil tidak terlepas pula dari masa sukses sepak bola Inggris yang menguasai final dua ajang utama Eropa: Liga Champions dan Liga Europa. Meski demikian, hegemoni Liga Primer di tim Brasil sebenarnya sudah terjadi sejak awal tahun lalu ketika sejumlah pemain dari liga besar Eropa tersebut tampil dalam Piala Dunia 2018 di Rusia. Karena itu, faktor kekuatan Liga Primer, membuat Brasil memiliki peluang besar untuk meraih gelar Piala Amerika 2019 ini.

Firmino bisa mengambil peran penting ketika Brasil kehilangan Neymar. Dalam laga uji coba terakhir saat menang lawan Honduras, Minggu (9/6) atau Senin dini hari WIB, pemain 27 tahun ini juga ikut menorehkan gol dalam kemenangan 7-0, tepatnya gol keenam Tim Samba.

Yang menarik, jika enam gol Brasil lainnya (kecuali gol Coutinho lewat penalti) tercipta setelah mendapatkan assist rekannya, tidak demikian dengan Firmino. Mantan pemain Hoffenheim ini berhasil memanfaatkan kesalahan bek lawan. Bola pantul bek lawan tersebut dengan cepat diambilnya dan digiring masuk ke jantung pertahanan lawan untuk menaklukkan gawang Honduras.


Baca Juga :
- Akibat Barcelona Kalah dari Liverpool, Luis Suarez Malu Antar Anak Sekolah
- Alexander-Arnold dan Robertson Bisa Jadi Bumerang bagi Liverpool

Firmino memang dikenal dengan gol-gol dari proses yang menarik. Bahkan, ada istilah “no-look” dalam melakukannya atau Firmino yang tidak perlu melihat gawang saat mencetak gol. Firmino dapat menggiring bola dengan baik, melakukan trik, memberikan umpan dengan baik kepada rekannya, dan pemain yang memiliki tembakan mengesankan. Firmino adalah pemain berkarakter 9 tapi memiliki jiwa pemain bernomor 10. Atau penyerang yang kreatif.

Karena itulah, Bobby—panggilan Firmino—sosok yang bisa memainkan peran Neymar. Tentu, ini akan sulit bagi Tite untuk memilih starternya di lini depan. Meski demikian, ketika Neymar absen dan jika dalam laga  nanti Coutinho tidak maksimal, Firmino dapat menjadi kunci bagi Brasil dalam meraih kemenangan.*Irfan Sudrajat

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA