#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Hadiah Makin Besar, Tiger Woods Favorit dalam AS Terbuka
12 Juni 2019 13:27 WIB
PEBBLE BEACH – Sebagai salah satu dari empat turnamen mayor, Amerika Serikat (AS)Terbuka selalu jadi buruan pegolf papan atas dunia. Sejak kali pertama digelar, 1989 silam, selalu menyuguhkan persaingan menarik. Terlebih musim ini yang digelar di lapangan bersejarah, Pebble Beach Golf Links, Pebble Beach, Kalifornia, 13-16 Juni.

Memasuki edisi ke-119, AS Terbuka juga menyuguhkan hadiah fantastis yakni 12,5 juta dolar AS (sekitar Rp178 miliar). Jumlah tersebut menjadi yang terbesar dibanding tiga turnamen utama lain seperti The Masters (11,5 juta dolar AS), PGA Championship (11 juta dolar AS), dan The Open (10,5 juta dolar AS).

Dari deretan peserta yang akan tampil, ada tiga nama yang jadi favorit, Brooks Koepka, Dustin Johnson, dan Tiger Woods. Hal ini didasarkan pada performa ketiganya dalam beberapa pekan terakhir. Koepka misalnya yang hadir dalam ajang ini sebagai juara dua musim terakhir, 2017 dan 2018.


Baca Juga :
- Sakit Leher, Woods Tak Maksimal di AS Terbuka
- Jagoan AS Terbuka, Rose Khawatir Main Sore Hari

Dalam dua ajang mayor sebelumnya, Koepka berhasil mempertahankan gelar PGA Championship, 19 Mei lalu. Sementara di The Masters, satu bulan sebelumnya, ia jadi runner-up. Merujuk pada catatan tersebut wajar rasanya bila Koepka paling diunggulkan meraih gelar di sini.

“Seperti yang pernah saya katakan, saya tak peduli dengan hasil (akhir dalam AS Terbuka) karena semua ini tentang proses. Dalam beberapa tahun belakangan, saya merasa percaya diri. Saya akan berusaha memberikan yang terbaik di setiap turnamen, termasuk di Pebble Beach,” kata Koepka.

Jika kembali meraih gelar, Koepka bakal menjadi pegolf kedua yang meraih hattrick di AS Terbuka sejak Willie Anderson pada 1903, 1904, 1905 silam. Pria 29 tahun itu juga hanya terpaut satu dari peraih titel terbanyak, Anderson, Bobby Jones, Ben Hogan, dan Jack Nicklaus, masing-masing empat.

“Banyak yang mengatakan itu sejak tahun lalu dan saya tahu apa yang ingin saya kejar.  Fokus saya akan naik sepuluh kali lipat karena (AS Terbuka) ini adalah turnamen utama. Saya merasa sangat percaya diri, nyaman, dan saya tidak main-main dengan apa pun,” Koepka menambahkan.

Ia boleh saja percaya diri namun harus mewaspadai persaing lain seperti Johnson dan Woods. Sepanjang musim ini, Johnson menampilkan permainan apik di mana pemain peringkat kedua itu memboyong dua gelar di Saudi International dan WGC-Mexico Championship, belum lama ini.

Woods masuk daftar favorit mengingat penampilannya yang semakin membaik. Musim ini, ia sukses mengakhiri paceklik gelar turnamen mayor selama 11 tahun dengan memenangi The Masters. Ia juga pernah juara AS Terbuka, tepatnya edisi 2000 yang juga diselenggarakan di Pebble Beach.

Tak hanya gelar, Woods mencatat dua rekor. Pertama, mencetak skor 272 pukulan atau 12 di bawah par, menang 15 pukulan dari Miguel Angel Jimenez dan Ernie Els. Ini merupakan kemenangan dengan selisih terbesar dalam ajang mayor. Kemenangan itu juga menandai “Tiger Slam”.*MUHAMMAD RAMDAN


Baca Juga :
- Komentari Durant, Woods Terkenang Masa Sulit hingga Selalu Kesepian
- Pra-PON Golf Digelar di Gowa, Ini Ketentuan Pesertanya

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA