#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Pembalap Suzuki Ini Pede Kalahkan Marquez
12 June 2019 07:11 WIB
BARCELONA – Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins mengaku siap memperebutkan gelar juara MotoGP 2019. Hanya tertinggal 27 angka dari pemimpin klasemen, Marc Marquez, yang mengumpulkan 115 poin, Rins siap memenangi putaran ketujuh di Sirkuit Barcelona, Katalunya, Minggu (16/6).

Peningkatan yang diperlihatkan Rins, musim ini, memang layak membuatnya percaya diri. Tak hanya konsisten di barisan depan, ia selalu bisa memperbaiki posisi saat harus start dari posisi yang kurang baik. Ia pun mengaku siap memacu GSX-RR lebih cepat demi meraih poin maksimal.

“Saya merasa dapat memperebutkan gelar setelah hasil di Sirkuit Austin (Amerika Serikat). Kami sadar, Austin akan jadi lomba sulit, jadi kami hanya berusaha mendapat poin. Balapan terburuk kami ada di Le Mans tapi sekarang kami siap untuk bertarung,” kata Rins seperti dilansir Tuttomotoriweb.com.


Baca Juga :
- Hasil Lengkap Kualifikasi MotoGP Ceko: Marquez Pole, Miller dan Zarco Barisan Terdepan
- WAWANCARA - Marquez: Lawan Tak Akan Menyerah

Perbedaan poin yang tidak terlalu jauh dengan Marquez membuat Rins optimistis memangkas jarak pada balapan berikut. Tapi, ia juga tak ingin terlalu menekan demi menghindari risiko terjatuh seperti yang pernah dialami, tahun lalu. Saat itu, dirinya gagal finis di Grand Prix (GP) Spanyol.

“Sekarang, Marc dan Andrea (Dovizioso) sedikit lebih jauh dari kami. Kami memiliki 88 poin dan Dovi, 103. Tapi, musim ini, masih sangat panjang dan di paruh kedua musim kami dapat tampil lebih kuat. Saya ingin memberikan yang terbaik agar meraih hasil positif di setiap perlombaan,” ujar Rins.

Masalah terbesar Suzuki dan Rins ada saat kualifikasi. Hingga lomba terakhir di Sirkuit Mugello, Italia, 2 Juni lalu, mereka kesulitan mencatat waktu terbaik untuk mendapat posisi start terbaik. Meski bisa memperbaiki posisi tapi ia ingin hal tersebut diperbaiki agar lebih mudah finis di zona podium.

“Kami akan berlomba di Barcelona, kemudian Assen (Belanda). Itu dua trek yang biasanya cocok dengan karakter motor kami. Pada paruh kedua musim, kurang lebih saya menyukai setiap trek yang akan kami datangi. Saya akan tahu hingga kami tiba di sana tapi saya akan memberi 100 persen,” kata Rins.

Selain harus menghadapi Marquez dan Dovizioso, Rins juga perlu mewaspadai Valentino Rossi. Meski mengalami kesulitan di GP Italia, pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP itu dapat bangkit dengan cepat. Ia juga perlu mewaspadai rival yang bakal mengganggu meraih gelar seperti Jorge Lorenzo.

Rekan setim Marquez itu mengaku lebih siap menghadapi GP Katalunya usai mengunjungi markas besar Honda di Jepang. “Saya berharap apa yang kami lakukan di Jepang berguna di Barcelona. Kami akan tetap bekerja semaksimal mungkin untuk memperkecil jarak dengan barisan terdepan,” ujar Lorenzo.


Baca Juga :
- Marquez Sukses Perkecil Insiden
- Marquez Sebut Pembalap Muda Ini Belum Merasakan Tekanan MotoGP

Pembalap satelit Yamaha, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli juga siap meramaikan persaingan di sana. “Kami datang ke Barcelona dengan perasaan campur aduk. Ini merupakan trek yang saya suka, jadi saya akan berusaha tampil baik demi mendapat poin untuk tim,” Morbidelli menuturkan.

Quartararo yang masih pemulihan setelah operasi pompa lengan berharap tampil kuat, akhir pekan ini. “Semua baik-baik saja dan pemulihan tangan sejauh ini cukup bagus. Barcelona salah satu trek favorit jadi tidak sabar untuk berlomba di sana sebagai pembalap MotoGP,” ujar pria asal Prancis itu.*MUHAMAD FADLI RAMADAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA