#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Wow! Nilai Skuat Liverpool Mencapai Rp15,8 Triliun
12 Juni 2019 13:11 WIB
LIVERPOOL – Kompetisi di Eropa resmi berakhir sejak Liverpool FC menjuarai Liga Champions 2018/19 pada 1 Juni lalu. Bertepatan dengan dibukanya bursa transfer musim panas untuk mayoritas negara di benua biru. Bagi The Reds, merebut trofi si Kuping Lebar itu jelas krusial. Tak hanya menambah gelar di ajang bergengsi tersebut menjadi enam kali, melainkan juga mendongkrak nilai para pemain.

Transfermarkt melaporkan bahwa skuat Liverpool kini bernilai 876,83 juta paun (sekitar Rp15,8 triliun). Catatan tersebut tertinggi ketiga di Inggirs. Manchester City FC menempati posisi puncak dengan valuasi 1,03 miliar paun, diikuti Chelsea (879,08 juta paun). Tottenham Hotspur FC yang juga menembus final Liga Champions ikut melonjak dengan estimasi 756 juta paun dan Manchester United pada posisi kelima (731,25 paun).

Meningkatnya harga pemain di pasaran tentu menjadi nilai lebih bagi Liverpool. Sebab, The Reds bisa mendapatkan dana melimpah jika menjual beberapa bintangnya. Kendati, sudah pasti pelatih Juergen Klopp enggan melepas pemain yang sudah berkontribusi besar dalam kesuksesan tim pada 2018/19. Namun dalam sepakbola, apa pun bisa terjadi. Termasuk, menjual bintangnya jika Liverpool menerima tawaran menggiurkan.


Baca Juga :
- Aneh! Liverpool Mau Jual Moh Salah, Harganya Rp 1,2 Triliun
- Alexander-Arnold dan Robertson Bisa Jadi Bumerang bagi Liverpool

Posisi puncak tentu ditempati Mohamed Salah. Penyerang The Reds ini sukses memberikan dampak signifikan sejak tiba di Anfield pada Juni 2017 lalu. Salah total telah mencetak 71 gol dan 29 assist dalam 104 penampilannya bersama Liverpool. Ia elemen terpenting Klopp dalam mengembalikan nama besar tim dua musim terakhir. Tak hanya di dalam lapangan, efek positif Salah juga dirasakan di luar lapangan.

Kehadirannya juga membuat angka kriminalitas dan sentimen terhadap Islam menurun. Tak heran dengan banyaknya dampak positif yang dihadirkan Salah membuatnya menjadi pemain The Reds paling berharga. Valuasinya mencapai 135 juta paun. Jumlah itu tertinggi di Inggris saat ini. Posisi kedua dan ketiga ditempati rekan Salah di lini serangan, Sadio Mane dan Roberto Firmino.    

Mane yang tampil eksplosif sepanjang 2018/19 memiliki valuasi sebesar 76,5 juta paun. Sedangkan Firmino di angka 72 juta paun. Sementara itu, Virgil Van Dijk berada di posisi keempat dengan nilai 67,5 juta paun. Kontribusi bek asal Belanda itu sangat krusial bagi Liverpool musim lalu. Tanpa penampilan solidnya mengawal pertahanan, mustahil The Reds mampu finis di posisi kedua Liga Primer dan menjuarai Liga Champions.

Peran kiper Alisson Becker juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Kehadirannya di bawah mistar membuat gawang The Reds sangat sulit dibobol. Wajar bila pemain asal Brasil itu memiliki valuasi sebesar 58,5 juta paun. Nilai Alisson sama dengan gelandang Liverpool Naby Keita. Meski belum maksimal musim lalu, performanya diprediksi akan meningkat signifikan pada 2019/20 nanti.

Penampilan brilian yang diperlihatkan Trent Alexander-Arnold sebagai bek kanan The Reds membuat nilainya meroket. Valuasinya sekarang mencapai 45 juta paun. Jumlah tersebut membuat Alexander-Arnold menjadi pemain U-21 termahal saat ini. Bahkan di usianya yang baru 19 tahun, posisi bek sayap timnas Inggris tersebut dalam skuat Liverpool sulit tergantikan.*CHOIRUL HUDA

10 Klub Liga Primer dengan Nilai Valuasi Tertinggi*

1. Man. City - 1,03 miliar

2. Chelsea - 879,08 juta

3. Liverpool - 876,83 juta

4. Tottenham - 756,00 juta

5. Man. United - 731,25 juta

6. Arsenal - 578,70 juta

7. Everton - 379,58 juta

8. Leicester - 312,98 juta

9. West Ham - 302,40 juta

10. Bournemouth - 232,43 juta


Baca Juga :
- Kehadiran Leroy Sane Bakal Memperkaya Bayern Muenchen
- Kompetisi Belum Mulai, Liverpool Siap Pertahankan Rekor

*Nilai dalam paunsterling.

  

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA