#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Maestro MotoGP! Rossi Anggap Trek Katalunya Favorit Walau Sulit
13 Juni 2019 14:10 WIB
BARCELONA – Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP Valentino Rossi menegaskan putaran ketujuh di Sirkuit Barcelona, Katalunya, Minggu (16/6), akan jadi tantangan sulit untuknya dan tim. Tapi, melihat lomba yang mengecewakan di Sirkuit Mugello, Italia, 2 Juni lalu, ia ingin bangkit dan kembali ke barisan depan.

Saat tampil di Grand Prix (GP) Italia, Rossi cukup kesulitan dari latihan bebas hingga kualifikasi. Puncaknya saat lomba, di mana dirinya terjatuh di Lap 8 usai bersenggolan dengan Joan Mir saat coba menyalipnya. Untuk itu, di Katalunya, ia bakal berusaha ekstra keras demi meraih poin tertinggi.

“Setelah akhir pekan yang cukup berat di Mugello, kami akan berlomba di Barcelona yang sebenarnya salah satu trek favorit. Tapi, itu akan jadi tantangan lain bagi kami karena tak cukup konpetetif di sana dalam beberapa tahun terakhir. Itu sebabnya kami harus bekerja lebih,” kata Rossi seperti dilansir Crash.net.


Baca Juga :
- INFOGRAFIS: Preview MotoGP Katalunya
- Rossi Janji Tampil di DTM, Dovizioso Siap Jadi Pesaing

Sirkuit Barcelona memiliki karakter cepat yang serupa dengan Sirkuit Mugello, serta sektor lurus yang cukup panjang. Itu merupakan titik lemah Yamaha YZR-M1. Rossi yang sadar hal tersebut memilih tak banyak berharap. Ia hanya ingin tim meningkatkan performa motornya agar finis di posisi terbaik.

“Kami akan coba memperbaiki masalah dan mendapatkan hasil sebaik mungkin di sana. Sehari setelah perlombaan akan ada tes dan kami akan bekerja sebaik mungkin untuk menemukan setelan terbaik. Kami akan benar-benar memanfaatkan kesempatan itu untuk memperbaiki musim ini,” Rossi menambahkan.

Rekan setimnya, Maverick Vinales, mengaku sangat termotivasi jelang GP Katalunya karena itu merupakan home race untuknya. Saat ini, kinerjanya bersama Yamaha juga mengalami peningkatan. Peluang untuk finis di podium juga cukup besar, mengingat sebelumnya ia tampil kuat saat berlomba di Spanyol.

“Saya tak sabar berlomba di kandang. Montmelo merupakan trek spesial karena salah satu favorit. Di sana, saya dapat merasakan langsung dukungan dari seluruh fan, atmosfer yang tercipta luar biasa. Saya berharap dapat membalas mereka dengan podium,” kata pembalap yang menggantikan Jorge Lorenzo itu. 

Vinales pun tak menampik akan sulit baginya meraih podium GP Katalunya mengingat karakter trek yang cukup cepat. Pasalnya, Honda dan Ducati tampil kuat di sirkuit berkarakter seperti itu. Namun, Vinales menegaskan, dirinya akan bekerja lebih keras saat latihan bebas agar menemukan setelan tepat.


Baca Juga :
- Saat Jenuh dengan MotoGP, Vinales Hanya Butuh Pulang Kampung
- Demi Ajang Ini, Dovizioso Buka Peluang Tinggalkan MotoGP

“Mugello jadi lomba sulit karena itu benar-benar bergantung pada kekuatan fisik. Kami harus bekerja keras untuk membuat motor bekerja dengan baik hingga bisa bertarung mencapai posisi teratas di klasemen. Jadi kami harus tetap fokus dan menunjukkan sisi terbaik kami kepada fan,” ujar Vinales.

Direktur Tim Yamaha Massimo Meregalli optimistis menghadapi GP Katalunya. Namun, ia menyadari ada pekerjaan besar yang perlu diselesaikan agar YZR-M1 memiliki kecepatan yang baik. Ia pun menegaskan bahwa Rossi dan Vinales memiliki motivasi tinggi untuk menyelesaikan lomba di tempat terbaik.*MUHAMAD FADLI RAMADAN 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA