#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Timnas Putri Indonesia untuk Piala AFF 2019 Didominasi Wajah Baru
13 Juni 2019 11:19 WIB
JAKARTA – Indonesia akan menapaki sejarah baru lagi untuk timnas sepak bola putri senior, yang akan mengikuti kompetisi Piala AFF 2019. Tim pelatih sudah menyaring 27 pemain dan akan dipangkas lagi menjadi 23 pemain. Sebagian komposisi pemain timnas senior putri Indonesia didominasi wajah baru.

Pelatih timnas putri Indonesia Rully Nere mengaku, dari 40 pemain seleksi yang telah dipanggil dalam beberapa tahap, pihaknya sudah mendapatkan 27 pemain dalam seleksi terakhir. Jumlah ini nantinya akan disaring kembali menjadi 23 pemain. Daftar pemain inilah yang akan dipersiapkan untuk Piala AFF.

“Sebanyak 11 pemain saya ambil dari pemain yang ikut kualifikasi olimpik kemarin. Selebihnya adalah wajah baru dan diambil dari Pertiwi Cup," kata Rully, Rabu (12/6). Ia menambahkan, sebagian muka baru tersebut belum banyak mendapatkan pendidikan wawasan sepak bola.


Baca Juga :
- Kata Beto Soal 4 Gol ke Gawang Vanuatu
- Reaksi Simon McMenemy Usai Indonesia Membantai Vanuatu

“Kesulitan kami adalah soal fundamen sepak bola yang belum banyak dipahami, seperti soal passing, koordinasi permainan, cara menerima bola dan lainnya. Karena mereka mayoritas bermain bola saat sudah besar, bukan terdidik sejak usia muda, seperti para pemain timnas putri U-16,” Rully menjelaskan.

Untuk itulah, karakter pemain yang dicarinya saat ini adalah pemain yang memiliki semangat  dan mau bekerja keras. Sebabnya, timnas putri Indonesia memang tidak memiliki kompetisi sehingga belum terbiasa menghadapi tekanan. Meskipun secara teknik baik, namun belum tertempa secara mental.

“Makanya, materi latihan timnas putri senior ini kami fokuskan dulu 70 persen materi latihan fisik dan 30 persen materi teknik dan taktik," ujar Rully. Sasaran utama pembentukannya untuk SEA Games 2019 pada Desember mendatang. Sedangkan Piala AFF hanyalah sasaran antara saja.


Baca Juga :
- Pelatih Vanuatu Tantang Indonesia Tanding Ulang
- 5 Gol dalam 2 Laga, Beto Jaminan Mutu Timnas Indonesia

Terkait kekuatan lawannya pada fase Grup Satu Piala AFF, Rully menyebut Indonesia berada di grup terkuat. “Indonesia satu grup dengan Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Ini grup paling kuat dan bagus semua timnya. Kalau di Grup Dua yang kuat saya lihat hanya Thailand," katanya.

Saat ini, 27 pemain timnas putri sedang mendapatkan libur. Rencananya pemain akan kembali berkumpul untuk tahap seleksi selanjutnya dan menjalani pemusatan latihan (TC) pada 20 Juni hingga 5 Agustus 2019 di Yogyakarta. Pemusatan latihan ini diharapkan memberi dampak positif pada segenap pemain.* Agustian Pratama 

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA