#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ironi Timnas Indonesia, Persija Selalu Kehilangan Pemain Selepas Pemanggilan
13 Juni 2019 11:29 WIB
JAKARTA – Ketika tengah menunggu kesembuhan Rezaldi Hehanussa, Persija justru kembali mendapat kabar kurang sedap. Kabar negatif itu datang dari Amman, Yordania. Adalah gelandang serang Ramdani Lestaluhu yang dikabarkan mengalami cedera cukup parah, sehingga diprediksi harus menepi hingga tiga bulan.

Kepastian itu diungkapkan dokter tim Persija Donny Kurniawan, seusai latihan tim di Lapangan PS AU TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Rabu (12/6). Pria yang karib disapa Docbro tersebut mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan tim dokter timnas untuk proses pemulihan Ramdani.

“Intinya kalimat yang mereka (dokter timnas) katakan (pada kami) ada tulang bahu yang patah di bagian sebelah kiri. Terus, kami juga sudah bicarakan langkah ke depannya harus seperti apa. Kalau langkah operasi itu sudah pasti,” kata Docbro kepada TopSkor.


Baca Juga :
- Kata Beto Soal 4 Gol ke Gawang Vanuatu
- Reaksi Simon McMenemy Usai Indonesia Membantai Vanuatu

Cedera Ramdani menambah rentetan fakta, di mana nyaris dalam setiap pemanggilan timnas, ada satu pemain Persija yang kembali ke klub dengan kondisi cedera. Sebelumnya, Andritany Ardhiyasa mengalami cedera serius di bagian rahang yang membuatnya harus menjalani operasi.

Kemudian, Rezaldi juga terpaksa mengakhiri musim lalu lebih cepat karena mengalami cedera kambuhan di bagian tumit, yang juga mengharuskannya menjalani operasi. Terakhir, Novri Setiawan juga mengalami cedera engkel saat memperkuat timnas menghadapi Myanmar dalam uji coba, Maret lalu.

Menanggapi hal ini, Manajer Persija Marsma TNI Angkatan Udara Ardhi Tjahjoko, tak ingin berpolemik. Menurutnya, persoalan cedera atau tidak, ini sudah menjadi risiko seorang pain profesional. Ia yakin, para pemain Persija selalu tampil total setiap kali mendapatkan kesempatan membela timnas.

Dikatakannya, Persija sama sekali tidak trauma dengan situasi seperti ini. “Saya selalu bilang ke pemain, pasti puncaknya kan menjadi pemain nasional. Jadi, jangan takut cedera atau gimana,” kata Ardhi. “Mereka pasti tahu mana yang membahayakan buat mereka dan tidak. Namanya juga main bola ya mau gimana lagi.”


Baca Juga :
- Pelatih Vanuatu Tantang Indonesia Tanding Ulang
- 5 Gol dalam 2 Laga, Beto Jaminan Mutu Timnas Indonesia

Sementara itu, Persija terus mempersiapkan diri menjelang laga pekan kelima Liga 1 2019 melawan Persela pada 22 Juni mendatang. Pelatih baru Persija Julio Banuelos Saez, terlihat semakin mengintensifkan latihan lewat simulasi permainan di sepertiga lapangan. Ia juga merencanakan laga uji coba.

Asisten pelatih Persija Eduardo Perez pun optimistis skuat Persija akan berada dalam kondisi siap tempur saat Liga 1 2019 bergulir kembali. “Saya optimistis untuk setiap latihan bersama pemain. Begitu pun latihan hari ini.  Karena saya dan Julio sangat positif, professional, dan tentu saja kami optimistis” kata Eduardo.* Furqon Al Fauzi

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA