#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Oblak Kiper Termahal Saat Ini
13 Juni 2019 13:23 WIB
MADRID – Setelah kepergian Diego Godin, Antoine Griezmann, dan Juanfran Torres, Jan Oblak akan menjadi salah satu pemimpin yang diandalkan Atletico Madrid. Kiper peraih empat trofi Zamora secara beruntun itu juga telah mendapat kontrak baru hingga 2023. Klausul pelepasannya pun naik dari 100 juta euro (sekitar Rp1,6 triliun) menjadi 120 juta.

Bukan hanya itu, berdasarkan data rilisan transfermarkt, Oblak telah menjadi kiper paling bernilai di dunia saat ini. Penjaga gawang asal Slovenia itu kini memiliki nilai jual mencapai 100 juta euro. Di bawah Oblak, ada kiper FC Barcelona Marc-Andre Ter Stegen dengan 90 juta, diikuti David de Gea (Manchester United) yang berharga 70 juta.

Kepergian Griezmann (bernilai 130 juta) menjadikannya sebagai pemain Atletico paling memiliki nilai jual tinggi di skuat, seperti juga Saul Niguez (90 juta). Atas dasar itu, klub ingin memberikannya peran lebih di tim, baik itu dalam sisi olahraga maupun di ruang ganti. Kiper 26 tahun tersebut awalnya sempat memiliki keraguan tentang proyek yang dibentuk oleh Los Rojiblancos karena hengkannya sejumlah pilar penting.


Baca Juga :
- Bruno Fernandes, Cinta Lama Atletico
- Akhirnya Mengalah, Manchester United Siap Naikkan Gaji De Gea

Kebimbangan Oblak yang terus dipantau oleh Manchester United (MU) dan Paris Saint-Germain (PSG). Dua klub raksasa Eropa ini termasuk yang paling memimpikan Oblak mengenakan seragam tim mereka. Konsistensi mengawal gawang Atletico dalam empat tahun terakhir menjadi salah satu faktor Oblak begitu digilai klub-klub itu.

Musim lalu, dia hanya kemasukan 38 gol dalam 46 pertandingan sepanjang 2018/19. Catatan tersebut sepertinya turut menjadi faktor naiknya nilai jual Oblak di pasaran. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi di La Liga. Dengan presentase kebobolan yang sedikit dan usia matang, perkembangan Oblak diprediksi akan terus berlanjut.

Cuma 4 Juta Euro


Baca Juga :
- Atletico Bakal Bajak Bek Espanyol
- Jika ke Barca, di Mana Posisi Griezmann

Atletico merekrut Oblak pada musim panas 2014 untuk menggantikan Thibaut Courtois yang pindah ke Chelsea FC. Manajemen Los Rojiblancos membelinya dari SL Benfica seharga 16 juta, dan sempat menjadi kiper termahal di La Liga sebelum akhirnya dipecahkan oleh Courtois yang dibeli Madrid dari Chelsea seharga 35 juta pada musim panas lalu.

Ketika direkrut oleh Atletico, nilai jual Oblak hanya 4 juta euro, dan jumlahnya naik ke 100 juta dalam lima musim. Itu artinya, pemain kelahiran Skofja Loka, Slovenia ini mengalami pertumbuhan pesat dan investasi kecil yang dilakukan oleh Atletico berbuah manis. Salah satu catatan terbaiknya adalah ketika 2015/16, di mana ketika itu hanya kebobolan 18 gol dari 38 laga di La Liga, sama dengan torehan historis yang dibuat oleh Francisco Liaño pada 1993/94 bersama Deportivo La Coruna.*CR5

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA