#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Pemain Portugal Ini Jadi Rebutan Enam Klub Elite Inggris
13 Juni 2019 14:04 WIB
MANCHESTER – Bursa transfer musim panas sudah dibuka sejak 1 Juni. Aktivitas klub-klub di Eropa untuk merekrut dan melepas pemain pun kian kencang. Tak ketinggalan, berbagai rumor menyangkut pilihan pada musim panas ini. Termasuk kabar terkait masa depan Bruno Fernandes yang kini menjadi salah satu komoditas terpanas. Gelandang asal Portugal ini diminati enam klub top (The Big Six) Liga Primer.

Manchester United FC (MU), Manchester City FC, Liverpool FC, Arsenal FC, Tottenham Hotspur FC, dan Chelsea FC diketahui siap berebut tandatangan Fernandes. Wajar saja, mengingat performa impresifnya bersama Sporting CP pada 2018/19. Memang, gelandang 24 tahun ini gagal membantu klubnya menjuarai Primera Liga Portugal musim lalu. Sebab, Sporting hanya finis di posisi ketiga di bawah SL Benfica dan FC Porto.

Namun Fernandes sukses berkontribusi atas dua gelar lain bagi Sporting. Meliputi Taca de Portugal alias Piala Portugal dan Taca da Liga (Piala Liga Portugal) 2018/19. Pun demikian kontribusinya bersama timnas Portugal. Fernandes turut berandil membawa negaranya menjadi kampiun Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19 usai mengalahkan Belanda di final, akhir pekan lalu.


Baca Juga :
- Salah Tolak Tawaran dari Juventus dan Real Madrid, Sebut Timingnya Kurang Tepat
- Barcelona Merusak Target Manchester United, Griezmann Bermimpi Main Bareng Messi

Poin plun lain adalah pengalamannya selama lima tahun di Italia. Dalam perode itu, Fernandes pernah membela Novara Calcio, Udinese Calcio, dan UC Sampdoria. Tentu ini dapat menjadi nilai lebih Fernandes di hadapan The Big Six. Utamanya, MU yang memang sangat menginginkan gelandang 24 tahun tersebut. Meskipun Setan Merah harus berjuang keras untuk mendapatkannya.

Sebab, selain bersaing dengan lima rivalnya di Liga Primer, Sporting belum tentu bersedia melepas bintangnya tersebut. Apalagi kontribusi Fernandes sangat signfinikan dalam dua musim terakhir. Pada 2018/19 lalu, ia terlibat dalam 51 gol Sporting dalam 53 penampilan di semua kompetisi. Transfermarkt memperkirakan, harga sang pemain kini mencapai 55 juta euro (sekitar Rp 886 miliar). Alias, melonjak lebih dari 7 kali lipat.

Bisa dipahami mengingat Sporting hanya merogoh 7,5 juta euro saat memboyong Fernandes dari Sampdoria pada Juni 2017. Dalam dua tahun ini, performanya meningkat drastis. Fernandes sendiri menyerahkan masa depannya kepada pihak Sporting. Maklum, kontraknya masih tersisa hingga 2022. Kendati demikian, tak menutup mereka bersedia melepas aset utamanya itu jika ada tawaran menggiurkan datang.

Sinyal Positif

Yang menarik, walaupun menyerahkan keputusan kepada Sporting, Fernandes mengaku memiliki keinginan untuk merumput di Liga Primer. Setelah lima tahun di Italia dan dua tahun di Portugal, ia ingin mencoba tantangan baru. “Saya tidak pernah mengatakan ingin pergi dari sini. Namun ada mimpi yang ingin saya wujudkan. Salah satunya, bermain di Inggris,” ujar Fernandes diplomatis.

Pernyataan tersebut menjadi sinyal positif bagi The Big Six. MU sendiri dilaporkan sudah menyiapkan 70-80 juta euro demi dapat mendatangkan Fernandes ke Old Trafford. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer diketahui memproyeksikan untuk menggantikan peran Paul Pogba atau Juan Mata jika keduanya benar-benar hengkang. Hanya saja, Setan Merah perlu meyakinkan Fernandes.

Masalahnya, pemain kelahiran 8 September 1994 ini lebih tertarik berlabuh di Liverpool atau Man. City. “Saya suka gaya permainan ofensif dan agresif mereka. Liverpool dan Man. City sangat intens. Meski demikian, keduanya memiliki ciri khas masing-masing,” ujar Fernandes.*** CHOIRUL HUDA

Statistik Bruno Fernandes bersama Sporting CP
(Di Semua Ajang pada 2018/19)
Total laga: 53
Menit bermain: 4.688
Gol: 32
Assist: 18
Menit per gol: 146,5
Menit per assist: 260,4


Biodata Bruno Fernandes
Negara: Portugal
Posisi: Gelandang serang
Usia: 24 tahun
Tinggi/Berat: 179 cm/80 kg
Karier Klub:

2012-2013   Novara           (23 main/4 gol/2 assist)

2013-2016   Udinese          (95/11/13)

2016-2017   Sampdoria      (35/5/3)

2017-...        Sporting CP    (109/48/38)


Fluktuasi Transfer Bruno Fernandes

Nilai saat ini: 55 juta euro (49,5 paun)

Novara => Udinese: 2,5 juta euro

Udinese => Sampdoria: 6,5 juta euro


Baca Juga :
- Mau Tapi Malu, Wan-Bissaka tak Akan Paksa Pindah ke Manchester United
- Agennya Terbang ke Italia, Liverpool Bisa Kehilangan Bek Tangguh Ini

Sampdoria => Sporting: 7,5 juta euro

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA