#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Bujet Terbatas, Arsenal Harus Efisien di Bursa Transfer
13 Juni 2019 12:25 WIB
LONDON - Musim kompetisi 2018/19 jadi salah satu periode yang kelam dalam sejarah Arsenal FC. The Gunners hanya finis di peringkat kelima Liga Primer yang berujung gagal lolos ke Liga Champions 2019/20. Peluang untuk tampil di kasta terelite kompetisi Eropa itu terbuka lebar ketika skuat asuhan Unai Emery menembus final Liga Europa 2018/19. Sayangnya, ambisi Arsenal dihentikan Chelsea FC akibat takluk 1-4.

Menyambut 2019/20, sudah pasti, mereka menyongsong dengan antusias. Agar, bisa lebih baik dibanding musim lalu. Tentu, yang utama dibenahi dari komposisi pemain dengan aktivitas di bursa transfer. Sayangnya, Tim Meriam London terkendala dana yang terbatas. Wajar saja, mengingat Arsenal tidak bisa jorjoran seperti klub elite Inggris lainnya. Terutama, jika dikomparasi dengan Manchester City, Chelsea, Manchester United, atau Liverpool FC.

Sebagai gambaran, pada musim panas 2018 lalu, pengeluaran terbesar Arsenal hanyalah saat mendatangkan Lucas Torreira dari UC Sampdoria senilai 27 juta paun (sekira Rp490 miliar). Bandingkan dengan City yang merogoh 60 juta paun demi mendatangkan Riyad Mahrez dari Leicester City diikuti Chelsea dengan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao (72 juta paun).


Baca Juga :
- Ternyata Juan Mata Rela Potong Gaji demi Bertahan di MU
- Origi Tidak Menutup Kemungkinan Hengkang dari Anfield

Dengan minimnya bujet, Arsenal harus efisien terkait pengeluaran, khususnya belanja pemain. Itulah mengapa harga bidikan mereka pun tergolong terjangkau. Salah satunya, Alexis Claude-Maurice. Penyerang 21 tahun milik FC Lorient di Ligue 2 (Divisi Dua Prancis) itu hanya berbanderol 10 juta paun. Meskipun masih muda dan berharga murah Maurice memiliki talenta yang menurut eks pemain Arsenal, Jeremie Aliadiere, sangat cocok dengan skema Emery.

“Saya pikir, Maurice tepat untuk Arsenal. Ini jadi pertaruhan bagi mereka mengingat tim lain belum siap,” kata Aliadere. “Dalam beberapa tahun terakhir, bursa transfer sangat gila. Jika Anda ingin pemain level dunia, tidak ada yang di bawah 40 juta paun. Jika hanya memiliki 45 juta paun, Anda harus belanja pemain dengan berbeda. Merekrut pemain muda atau yang berasal dari divisi dua.”

Xhaka Bahagia

Di sisi lain, ada beberapa pemain yang bakal hengkang. Itu terkait perombakan yang dilakukan Emery menyambut musim anyar. Salah satunya, Granit Xhaka yang dikabarkan keluar dari Emirates. Meski, gelandang berpaspor Swiss ini menyerahkan masa depannya kepada manajemen.


Baca Juga :
- Legenda Chelsea Siap Bantu Aston Villa Kompetitif di Liga Primer
- Bintang Newcastle Ini Menarik Minat Real Madrid

“Saya tidak tahu,” tutur Xhaka terkait rumor bakal meninggalkan Arsenal. “Saya bahagia di sana. Begitu juga dengan keluarga saya. Itu hal yang paling penting.”

Xhaka didatangkan dari Borussia Moenchengladbach pada Mei 2016 lalu dengan mahar 35 juta euro. Kontraknya berlangsung  hingga 2021 yang berarti dua musim lagi. Nama Xhaka kini dikaitkan dengan FC Internazionale yang memiliki proyek ambisius sejak kehadiran Antonio Conte sebagai pelatih.*CHOIRUL HUDA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA