#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Otoritas Brasil Siaga Satu
13 June 2019 07:49 WIB
RIO DE JANEIRO - Tuan rumah Piala Amerika 2019, Brasil, sudah siap mengantisipasi segala kemungkinan terburuk terkait pengamanan turnamen yang akan dimulai Jumat (14/6) besok. Ratusan penembak jitu dan anjing pelacak dikerahkan untuk mengantisipasi perusuh (hooligan) yang mungkin membaur di antara ribuan penggemar ke-12 tim yang akan turun di turnamen sepak bola terbesar Amerika Latin tersebut.

Tidak kurang 10 ribu petugas keamanan swasta akan dikerahkan di dalam enam stadion – Maracana, Morumbi, Arena Corinthians, Mineirao, Arena do Gremio, dan Itaipava Arena Fonte Nova – di lima kota penyelenggara (Rio De Janeiro, Sao Paulo, Belo Horizonte, Porto Alegre, dan Salvador). Adapun ribuan polisi akan berpatroli di luar stadion untuk memonitor hooligan.

Dalam enam tahun terakhir, Brasil memang terbilang sukses menjadi tuan rumah ajang besar. Utamanya dari sisi keamanan. Pada 2013, mereka menggelar Piala Konfederasi. Setahun berikutnya, Piala Dunia 2014. Tiga tahun lalu, Brasil menjadi tuan rumah Olimpiade Rio 2016 tanpa insiden berarti.  


Baca Juga :
- De Rossi Berpeluang Debut dengan Boca Hari Ini
- Tato Baru di Punggung Firmino, Angkat Trofi Liga Champions

“Mengacu pengalaman, kami bisa menjamin kondisi keamanan di Piala Amerika nanti akan kondusif,” ucap Cesar Martinez, Direktur Operasi Piala Amerika di kantor Kementerian Kehakiman dan Keamanan Brasil, Selasa (11/6) lalu.

Salah satu perhatian terbesar pihak keamanan terkait Piala Amerika adalah risiko terjadinya kekerasan terhadap penggemar. Karenanya, otoritas keamanan setempat dan imigrasi Brasil siap memulangkan mereka yang terindikasi sebagai hooligan begitu akan masuk perbatasan. Wajah mereka yang diduga dan masuk daftar hooligan juga akan ditayangkan di sejumlah layar raksasa di tempat-tempat tertentu agar fan lebih waspada.


Baca Juga :
- Dani Alves Terciduk di Bali, Netizen Heboh! Pindah ke Bali United?
- Kemampuan Foyth Bermain Dua Posisi Untungkan Tottenham

Ribuan petugas keamanan Brasil juga akan berjaga di sejumlah bandara, hotel, dan jalan-jalan yang akan dilalui tim dan penggemar dari luar negeri. Namun, tidak seperti saat Olimpiade 2016, di Piala Amerika kali ini pasukan militer Brasil takkan berpatroli di jalan-jalan kota Rio De Janeiro.

Negara tetangga dan rival Brasil dalam sepak bola dunia, Argentina, juga akan membantu. Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich menegaskan siap mencegah sekitar 5 ribu nama hooligan (barrabravas dalam Bahasa Latin) lokal negaranya untuk masuk Brasil. Bullrich pun mengaku sudah menyerahkan kelima ribu nama tersebut kepada rekan sejawatnya, Menteri Keamanan Brasil Sergio Moro, akhir pekan lalu.*TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA