#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kans di Copa America 2019, Banyak Pemain di Atas 30 Tahun, Cile Sulit Juara
13 June 2019 11:30 WIB
BELO HORIZONTE – Cile salah satu yang paling dinantikan dalam Piala Amerika 2019 ini. La Roja memiliki peluang untuk menorehkan sejarah di Brasil: Jika juara gelar Piala Amerika kali ini akan membuat mereka meraih gelar tersebut untuk kali ketiga secara beruntun. Dalam sejarah ajang ini khususnya dalam format Piala Amerika, tidak ada satu pun negara yang mampu mewujudkan pencapaian tersebut.

Karena itu, Cile berpeluang untuk menjadi yang pertama. Masalahnya, Cile bukanlah tim dengan kekuatan yang sama seperti ketika mereka pernah mengalahkan Lionel Messi (Argentina) dan kawan-kawan dalam dua final beruntun, tim yang juara pada Piala Amerika 2015 dan 2016. Bahkan, setelah sukses dua gelar tersebut, Alexis Sanchez dan kawan-kawan pun tidak lolos dalam putaran final Piala Dunia 2018. Sepanjang perjalanan yang sulit itu pula, ada sejumlah pergantian pelatih.

Setelah Juan Antonio Pizzi, kini Reinaldo Rueda menjadi arsitek yang diharapkan mampu membangkitkan Cile kembali sebagai tim bermental juara. Rueda datang pada Januari 2018 silam dan dia telah merasakan kegagalan pahit saat tidak mampu membawa timnya ini ke Rusia, tempat digelarnya putaran final Piala Dunia 2018 lalu itu.


Baca Juga :
- Inter Tak Takut Rotasi
- Lukaku Dinamit Inter

Rueda merupakan pelatih yang memiliki cukup pengalaman baik di tingkat timnas maupun klub. Dia pernah melatih tim muda Kolombia sebelum menangani timnas senior dalam dua tahun yaitu pada 2004 hingga 2006. Rueda pun membawa Atletico Nacional meraih gelar pertama Piala Libertadores dalam 27 tahun terakhir, sebelum bersedia duduk di kursi panas kepelatihan Cile.

Meski demikian, ada satu hal dari timnya saat ini yang memang harus diperhatian. Ya, pelatih 62 tahun ini memiliki skuat yang usianya bervariasi. Sebagai sosok yang memiliki reputasi melatih pemain-pemain muda, kini dia justru diuji dengan skuat yang terdiri dari bintang dengan usia di atas 30 tahun. Atau tim Cile yang saat ini tampaknya akan berada dalam fase melewati masa terbaik mereka.

Rueda ditantang untuk memaksimalkan skuat yang ada. Rata-rata usia pemain Cile saat ini yang tampaknya memengaruhi pencapaian tim. Termasuk hanya meraih lima kemenangan dalam 12 laga pada 18 bulan pertama di bawah asuhan Rueda. Cile memiliki enam pemain yang memiliki jumlah laga lebih dari 100 pertandingan namun ada 11 pemain yang usianya 30 tahun atau lebih! Dengan demikian, tim ini relatif dihuni oleh pemain yang berkepala tiga. Rata-rata usia tim Cile mencapai 29 tahun dan yang paling muda justru pemain di bawah mistar yang usianya 22 dan 24 tahun.


Baca Juga :
- Gurita Sepak Bola! Man City Tambah Adik, Induk Perusahaan Mau Beli Satu Klub India
- Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020; Italia dan Spanyol Menang dan Kian Mantap di Klasemen

Tentu saja, ini menjadi isu besar ketika usia menjadi bagian yang akan membuat Cile kesulitan dalam bersaing. Meski demikian, ada sejumlah pemain yang tentu memiliki peluang mencuri peran dari para pemain senior. Di antaranya adalah gelandang Bologna, Erick Pulgar yang tampil mengesankan pada musim lalu. Bintang 25 tahun ini menorehkan enam gold an memberikan dua assist dalam 28 laga Seri A 2018/19.*Irfan Sudrajat

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA