#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
WAWANCARA EKSKLUSIF - Iannone: Hanya Ada Aprilia dalam Pikiran Saya
15 June 2019 12:30 WIB
MILAN – Musim pertama Andrea Iannone bersama Aprilia sejatinya belum berjalan baik. Bayangkan, ia belum mampu menembus 10 besar dalam enam lomba awal MotoGP 2019. Saat ini, ia pun dalam tahap pemulihan cedera patah kaki yang didapat saat latihan bebas di Sirkuit Jerez, Spanyol, 3 Mei lalu.

Meski belum mendapat hasil yang diharapkan, Iannone yakin dengan proyek jangka panjang Aprilia. Terutama dengan kepercayaan tim terhadap kemampuannya untuk membuat RS-GP memiliki kinerja lebih baik. Berikut petikan wawancaranya bersama La Gazzetta dello Sport:

Andrea, bagaimana penilaian Anda untuk musim ini?


Baca Juga :
- MotoGP Gelar Uji Coba di Sirkuit KymiRing, Sirkuit MotoGP Finlandia 2020
- Timnas Voli Berpotensi Tanpa Rivan dan Aprilia

Musim panas yang tiada akhir. Untuk kali pertama, saya bicara dengan Romano Albesiano. Ia menyadari ada beberapa masalah dan melihat saya tidak hanya sekadar pembalap berbakat tapi juga mampu jadi bagian dari rencana mereka.

Tujuh poin dalam lima lomba….

Saya mengalami cedera kaki. Keadaan bisa jadi lebih buruk, tapi di sisi lain sangat positif. Selama perlombaan kami mencoba banyak hal dan sering kehilangan waktu. Saat ini, tujuan saya menyamai Aleix Espargaro, yang sudah tiga tahun mengendarai motor ini.

Mempertimbangkan Espargaro mengendarai motor ini dengan cara tertentu, apakah ini bisa jadi keterbatasan bagi Aprilia?

Menurut saya bukan keterbatasan. Tapi, ada beberapa hal yang tidak memberinya keuntungan.

Tiga dari lima lomba, Anda start dari posisi terakhir. Itu bukanlah Iannone….

Memang sebelumnya tak pernah terjadi dalam karier saya. Jadi, cukup kecewa.

Saat di Sirkuit Mugello, Iannone start di belakang Hafizh Syahrin, Karel Abraham dan Tito Rabat. Sedangkan, 2015, Anda meraih pole position….

Saya tak tertinggal jauh dari Abraham di trek lurus. Itu berarti saya memiliki akselerasi lebih baik. Tapi, tak dapat melakukan pengereman seperti Aleix. Jadi, kami membutuhkan kesabaran untuk mengubah beberapa hal.

Setelah lomba, apa yang Anda rasakan?

Sebenarnya, saya ingin pulang dengan kepastian berbeda. Tahu dalam balapan berikutnya saya akan berjuang demi ada di posisi lebih baik. Tapi, saya sadar kenyataan tak seperti ini.

Massimo Rivola mencari teknisi….

Aprilia memiliki banyak orang kompeten tapi Massimo sadar bahwa jumlah tim, sedikit. Struktur perlu diperbaiki karena seseorang yang sudah ada sering kali terpaksa melakukan peran berbeda. Hal ini membuat pekerjaan kami tertunda dan tak bisa melanjutkan. Tapi, jika Aprilia memilih Iannone dan Rivola, berarti mereka siap bertarung.

Bagaimana hubungan Anda dengan kepala teknik Fabrizio Cecchini?

Fabrizio adalah salah satu orang terbaik yang pernah saya temui di garasi. Jujur, transparan, terbuka, tulus, orang yang saya butuhkan. Dia memiliki pengalaman dan sering juara. Tapi, tak semua bisa dikerjakannya karena ia juga butuh bantuan.

Tak semua hubungan berlangsung harmonis. Apakah hubungan kalian sama?

Jika bersabar, saya yakin hubungan ini akan berlangsung lama. Jika tim memberi dukungan 100 persen, kami pasti berhasil. Saya pikir dia telah membuktikan di MotoGP sebagai pembalap yang cepat, tahu bagaimana cara untuk menang, dan bersaing dengan pembalap terkuat.

Apakah tidak ada risiko?

Sekarang saya sudah 29 tahun, mengalami banyak perubahan. Tapi, tak ada risiko besar.

Sampai kapan Anda terus berlomba?

Ada banyak pembalap yang lebih tua daripada saya dan mencapai puncaknya. Tetap bersabar.


Baca Juga :
- Rider MotoGP Ini Sebut COTA Tidak Layak Pakai
- Iannone Bisa Saja Raih Podium, Jika Bukan Karena Marquez

Carlo Pernat yang pernah jadi manajer, dalam bukunya berbicara soal Anda….

Saya belum membaca. Banyak orang yang tak suka dengannya tapi saya jawab kepada mereka, jangan marah karena Carlo memang seperti itu, apa adanya. Saya mencintainya dan saya ijinkan dia mengatakan semua yang dia inginkan.*PAOLO IANIERI DARI MILAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA