#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Ukraina dan Korsel Berambisi Berpeluang Cetak Sejarah di Piala Dunia U-20
15 June 2019 13:16 WIB
LODZ – Lodz Stadium, Polandia, Sabtu (15/6) malam ini, akan menjadi saksi juara baru Piala Dunia U-20. Final antara Ukraina dan Korea Selatan (Korsel) dijadwalkan berlangsung di sana. Siapa pun yang keluar sebagai pemenang, dipastikan bakal menjadi negara ketujuh yang merengkuh trofi turnamen tersebut sejak berganti nama pada 2007.

Ya, sepanjang sejarahnya, kedua tim belum pernah menjuarai Piala Dunia U-20. Pencapaian terbaik Korsel menempati peringkat empat pada edisi 1983 ketika turnamen bernama World Youth Championship. Kala itu, wakil Asia Timur ini menembus semifinal dan kalah 0-1 dari Brasil. Pada perebutan tempat ketiga, Korsel kembali takluk dari Polandia, 1-2.

Di sisi lain, rapor terbaik Ukraina mentok pada fase 16 besar. Itu terjadi pada edisi 2001, 2005, dan 2015. Tak heran jika lolos ke final pada gelaran kali ini disambut suka cita tim dari Eropa Timur tersebut. Tentu saja pasukan Oleksandr Petrakov ini tak ingin membuang peluang menorehkan sejarah manis di Polandia.


Baca Juga :
- Ukraina Bakal Menjelma Jadi Kekuatan Baru Sepak Bola
- Taklukkan Korea Selatan, Ukraina Juara Piala Dunia U-20 2019

“Kebersamaan dan soliditas adalah kekuatan utama yang membawa kami sampai sejauh ini,” ujar gelandang Ukraina Serhiy Buletsa. “Kami akan coba melakukannya lagi, menang dan menjadi juara sebagai sebuah tim.”

Buletsa merupakan pahlawan yang membawa Ukraina melaju ke final. Gol semata wayang pemain 20 tahun itu ke gawang Italia dalam semifinal membuat negaranya berpeluang mencatatkan sejarah malam nanti. Kreativitas sangat dibutuhkan Ukraina. “Saya tahu apa yang bisa diberikannya untuk tim ini. Serhiy pemain luar biasa,” kata Petrakov.

Kesempatan mengangkat trofi juga tentu tak ingin dilewatkan Korsel. Bintang andalan Taeguk Warriors Lee Kang In bertekad kembali memberikan performa terbaiknya melawan Buletsa dan kawan-kawan. Pemain Valencia CF itu yakin timnya memiliki kualitas untuk menjuarai gelaran kali ini usai menyingkirkan Ekuador dalam semifinal.      

“Kami bermain dengan baik. Saya pikir, rekan-rekan telah bekerja dengan maksimal,” kata Kang In. “Kami tentu sangat senang bisa menembus final. Kami akan melakukan segala upaya untuk melakukan yang terbaik. Kami sangat siap menghadapi Ukraina.”


Baca Juga :
- Jadwal Final Piala Dunia U-20 2019, Ukraina Vs Korea Selatan
- Tradisi “Nyaris Juara” Tim Muda Italia

Bagi Kang In, menjadi juara Piala Dunia tak mau diabaikan begitu saja. Apalagi, mengingat tahun ini merupakan momen terbaik bagi gelandang 18 tahun tersebut. Ya, bulan lalu, Valencia sukses menjuarai Copa del Rey (Piala Raja) 2018/19. Tidak tanggung-tanggung, klubnya mengeliminasi FC Barcelona 2-1.

Kang In adalah produk akademi Valencia (2011-2017). Ia melakoni laga senior perdananya pada 30 Oktober lalu menghadapi CD Ebro di Piala Raja. Itu mengantar Kang In jadi pemain Korsel termuda yang mendapat debut di Eropa. “pengalaman luar biasa. Kini, saya berada di Piala Dunia (U-20 2019). Saya akan coba untuk memenanginya,” tegas Kang In.***CHOIRUL HUDA

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA