#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Nilai Jual Meroket, Pemain Ini Menjadi Aset Paling Berharga Man. City
15 June 2019 15:08 WIB
MANCHESTER - Raheem Sterling adalah aset Manchester City FC yang paling berharga, dengan valuasi mencapai 184,6 juta paun (setara Rp3,34 triliun)! Hanya penyerang Paris Saint Germain FC (PSG) Kylian Mbappe dan bintang Liverpool FC Mohamed Salah yang berada di atasnya dalam daftar peringkat pesepakbola termahal di dunia.

Man. City mengirim 10 pemainnya dalam 100 pemain paling berharga di lima kompetisi liga teratas di Benua Biru yang dirilis CIES Football Observatory. Dengan total valuasi bernilai lebih dari 1 miliar paun di pasar transfer. Angka-angka itu diperoleh dari survei CIES, yang mengklaim telah menganalisa secara ilmiah nilai transfer pemain yang didasarkan pada faktor usia, kontrak, posisi, menit bermain, dan faktor klub.

Hasilnya, Sterling menjadi pemain The Citizens yang paling berharga, setelah valuasinya melonjak dari angka 138 juta paun musim panas lalu. Pemain 24 tahun tersebut berada jauh di atas dua rekannya di Etihad, winger Leroy Sane (121,8 juta paun) dan gelandang Bernardo Silva (121,6 juta paun).


Baca Juga :
- Update Klasemen Liga Champions, Kamis Dini Hari WIB
- Prediksi Lin-up Man-City vs Shakhtar Donetsk, Rotasi dari Guardiola

Di depan Sterling, ada Salah yang nilai pasarnya dikatakan berada di angka 195 juta paun. Sedangkan Mbappe adalah satu-satunya pemain yang melampaui angka 200 juta paun, tepatnya pada angka 223,8 juta paun.

Mungkin penilaian yang paling membingungkan adalah bahwa gelandang Man. City, Kevin De Bruyne, yang tahun lalu diberi label harga 149 juta paun. Pada kenyataannya, saat ini pemain asal Belgia itu ditaksir hanya bernilai 60 juta paun, beberapa juta lebih dari nilai transfer yang dibayarkan The Citizens saat memboyongnya tiga tahun lalu.

Bisa jadi penyebabnya adalah cedera yang memaksa De Bruyne sering absen musim lalu. Terutama jika mengingat bahwa dia memiliki beberapa kasus cedera lutut berkepanjangan sejak bergabung ke Etihad. Tak berlebihan jika nilai pasarnya telah menurun dalam jumlah yang signifikan.

Di peringkat berikutnya untuk Man. City adalah Sane (ke-10) dan Bernardo (11), keduanya dihargai pada angka 122 juta paun - yang mungkin datang sebagai berita kepada FC Bayern Muenchen, yang telah menawarkan 90 juta paun untuk Sane. Pemain asal Jerman itu sedang dilanda gelisah terlalu lama dicadangkan oleh Pep Guardiola.

Selanjutnya ada nama Gabriel Jesus yang harus sabar menunggu waktunya di Man. City tetapi masa mudanya berarti dia memiliki penilaian 116 juta paun, jauh di atas label harga 72 juta poundsterling yang dikenakan kepada Sergio Aguero yang membuatnya terlempar dari skuat Man. City untuk sebagian besar musim ini.

Dan setelah perjuangannya untuk Inggris sepekan lalu, John Stones bisa mendapatkan kenyamanan dari fakta bahwa dia disebut-sebut sebagai bek bernilai 75 juta paun. Tandemnya, Aymeric Laporte, bernilai 93,6 juta paun, membuatnya menjadi bek paling berharga kedua di Eropa, di belakang pemain Liverpool PFA tahun ini Virgil Van Dijk, yang nilai pasarnya mencapai 99,6 juta paun.

Kiper Man. City, Ederson Moraes muncul dengan harga 91,5 juta paun. Hanya koleganya dari Brasil, dan yang kini memperkuat Liverpool, Alisson Becker, bersaing pada angka 95,5 juta paun.


Baca Juga :
- Duet Otamendi-Stones Bisa Kubur Ambisi Man. City
- Hanya Liverpool dan Man. City yang Penuhi Syarat untuk Mendominasi Eropa

Berikutnya ada nama Kyle Walker. Bek Man. City itu pemain lain yang perannya di timnas Inggris sejauh ini terus dipertanyakan. Pada kenyataannya dia tetap dihargai pada angka 66 juta paun, Sebuah peningkatan dalam jumlah besar dibanding 45 juta paun yang dibayarkan The Citizens untuknya tiga tahun lalu.***NURUL IKA HIDAYATI


 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA