#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Gelandang Korsel Jadi Pemain Terbaik Piala Dunia U-20 2019
16 June 2019 06:28 WIB
WARSAWA - Piala Dunia U-20 2019 sudah selesai. Ukraina keluar sebagai juara setelah mengalahkan Korea Selatan di final yang berlangsung pada Sabtu kemarin. Dalam partai final itu Ukraina menang 3-1.

Lantas untuk siapa saja penghargaan individu diberikan? Berikut distribusinya:

PEMAIN TERBAIK: LEE KANG-IN
BUKAN
pemain dari Ukraina yang menjadi pemain terbaik. Tapi Korea Selatan yang dikalahkan Ukraina.


Baca Juga :
- Di Balik Ambisi Besar Peru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021
- Mengenal Personel Dewan FIFA, Penentu Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Gelar pemain terbaik yang berhak menerima Bola Emas ini adalah Lee Kang-in. Pemain yang mencetak gol di final dari penalti, saat Korsel unggul lebih dulu.

Tim teknis Piala Dunia U-20 2019 menilai peran Lee Kang-in begitu sentral dalam skuat Taeguk muda. Posisinya sebagai gelandang memungkinkan dirinya menjadi pusat permainan. Kredit positif buat pemain Valencia CF itu.

TOPSCORER: ERLING HALAND
SEMBILAN
gol berhasil dicetak Erling Haland, striker Norwegia. Uniknya 9 gol itu tercipta dalam satu pertandingan saja.

Saat Norwegia menang 12-0 atas Honduras, Erling Haland mencetak gol pada menit 7, 20, 36 (pen), 43, 50, 67, 77, 88, dan 90. Jumlah gol itu menjadi rekor dalam sejarah Piala Dunia, baik pria maupun wanita, di semua kelompok umur, termasuk senior.

Sayangnya kiprah Norwegia terhenti di penyisihan grup. Otomatis Erling Haland, pemain RB Salzburg itu tidak mampu menambah koleksi gol.

KIPER TERBAIK: ANDRIY LUNIN
JUARA
Piala Dunia U-20 2019, Ukraina, menempatkan satu pemainnya dalam daftar peraih penghargaan individu. Dia adalah kiper Andriy Lunin.

Kiper Real Madrid CF yang dipinjamkan ke CD Leganes itu, menyabet gelar kiper terbaik. Performanya di bawah mistar gawang dari penyisihan sampai final, dipandang sangat mumpuni.


Baca Juga :
- FIFA Sidak Manahan, Satpam Bentak dan Cegah Wartawan
- Bidding Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Usaha Indonesia Ikuti Jejak Malaysia

Fakta ini bisa menjadi modal buat Andriy Lunin mendapat kepercayaan dari pelatih tim utama Real Madrid, Zinedine Zidane, untuk menariknya dari Leganes.

FAIR PLAY: JEPANG/KORSEL
DUA
negara dari Asia, Jepang dan Korsel, terpilih sebagai tim fair play. Kedua tim memiliki catatan disiplin paling baik. Jumlah kartu kuning bisa dihitung dengan jari. Perilaku tim juga positif. Cerminan budaya Asia.*Ari DP

BERITA TERKAIT

Penulis
news
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA