#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Piala Asia Futsal U-20 2019, Pertahanan Timnas Futsal Indonesia U-20 Rawan
17 June 2019 11:25 WIB
TABRIZ – Kondisi timnas futsal Indonesia cukup merisaukan. Meski lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-20 Futsal 2019 sebagai juara Grup D, penampilan tim asuhan Keisuke Takahashi itu belum sesuai espektasi. Pasalnya, dari delapan tim quarterfinal pertahanan Indonesia paling sering kebobolan.

Dalam dua laga, gawang Indonesia empat kali kebobolan. Pada laga pertama melawan Taiwan, gawang Indonesia tiga kali kebobolan dengan skor 6-3, sedang pada pertandingan kedua sekali kebobolan lewat skor 2-1. Adapun tim-tim lainnya, kecuali Irak, hanya kebobolan dua hingga tiga kali.

Situasi ini tak boleh diremehkan, sebab lawan yang akan dihadapi pada babak selanjutnya, yakni Vietnam, Selasa (18/6), jumlah kebobolannya lebih sedikit. Tergabung bersama Jepang, dan Tajikistan dalam Grup C, The Golden Stars, julukan Vietnam, mengoleksi tiga gol dan tiga kali kebobolan.


Baca Juga :
- Dedik Setiawan Wakil Indonesia
- Jadwal Uji Coba Timnas U-19 Indonesia di Jawa Timur

Kisah seperti 2017 lalu, dalam ajang yang sama, kiranya tak terulang kembali. Kala itu, timnas futsal Indonesia U-20 juga menjadi juara grup, hasil dua kemenangan dan dua kali imbang. Sayangnya, pada babak delapan besar, menghadapi Thailand yang adalah runner-up Grup A, Indonesia malah takluk.

Dalam ajang itu, kebetulan Indonesia bertemu dengan Vietnam pada fase grup. Hasilnya, kedua tim berbagi angka lewat skor 1-1. Pada Desember 2018 lalu, saat babak kualifikasi, kedua tim juga berbagi angka lewat skor 3-3. Asisten pelatih timnas futsal Indonesia U-20 Sayan Karmadi, menyoroti kegagalan cleansheet tersebut.

“Pada babak kedua, Irak memberi tekanan lebih pada pertahanan kami. Kami sedikit panik setelah kebobolan gol awal dan melakukan empat pelanggaran, tetapi pemain kami tetap tenang. Irak memilih permainan yang keras tetapi bisa kami antisipasi. Saya pikir kami bisa menanganinya dengan baik,” kata Sayan.

Bermain di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran, Minggu (16/6), timnas futsal Indonesia U-20 tampil percaya diri dan menguasai pertandingan. Dampaknya, dua gol tercipta pada babak pertama melalui kaki Firman Ardiansyah pada menit ke-9.  Tujuh menit berselang, gol kedua tercipta melalui Ari Ramdani.

Sayang, saat babak kedua berjalan satu menit, Iran memperkecil ketertinggalan lewat aksi Hussein Hamid Al-Khafaji. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai. Secara permainan, Filippo Inzaghi dan kawan-kawan lebih berani dibandingkan ketika mengalahkan Taiwan dengan skor 6-3, Sabtu (15/6).

Menang Besar


Baca Juga :
- Piala Menpora U-17 Regional DIY Siap Digulirkan
- Indonesia Raih 1 Perak dan 2 Perunggu

Menjelang tampil alam ajang Piala AFF Klub 2019, Black Steel Manokwari meraih hasil positif dalam laga uji coba terakhirnya menghadapi klub Thailand, Royal Navy FC, dengan skor 8-4. Ini merupakan situasi positif untuk menghadapi wakil Thailand, Chonburi Bluewave dalam laga pertamanya, Selasa (18/6).

“Adaptasi berjalan dengan baik. Ini bukan pertama kali kami datang ke sini (Thailand), jadi pemain sudah biasa. Iya saya rasa kami sudah siap sekali untuk main dalam Piala AFF, besok. Semua pemain juga keadannya sangat baik, mereka semua fit,” kata pelatih Black Steel Manokwari, Yori van der Torren.* Sumargo Pangestu 

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA