#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
WAWANCARA EKSKLUSIF Ricky Fajrin: Panggilan Itu Muncul karena Dulu Badan Saya Gendut
18 June 2019 14:01 WIB
BALI - Sejak kemunculannya bersama timnas U-19 2013 sampai sekarang nama Ricky Fajrin Saputra tak pernah hilang dari daftar skuat tim nasional Indonesia. Baik di level U-23 ataupun di timnas senior yang kini ditangani Simon McMenemy. Ini tak lepas, karena kemampuan bermain di beberapa posisi yang menjadi kelebihan pemain kelahiran Semarang, 23 tahun silam itu.

Bakat pemain yang akrab disapa si Gentong itu awalnya ditemukan dari hasil blusukan pelatih Indra Sjafri. Memulai karier sebagai striker, lalu bergeser ke winger, tapi Indra Sjafri “mencium” talenta Ricky cocok bermain di posisi wing back kiri. Bahkan, mantan pelatih timnas U-23 Luis Milla juga memberikan posisi baru baginya, yakni menjadi stopper. Lalu, apa sebenarnya posisi favorit Ricky? Berikut wawancara eksklusifnya bersama TopSkor:

Sejak awal karier 2014 Anda sudah bersama Bali United. Bakal jadi one man club?


Baca Juga :
- Timnas Indonesia Harapkan Ide Segar Yeyen-Gethuk
- Kabar Baik dari Zahra Muzdalifah, Timnas Putri Siap hadapi Sri Lanka Buka-Tutup

Haha.. Kalau saya mengalir saja. Tergantung rezekinya di mana. Yang pasti, saya juga punya keinginan untuk membela tim asal saya di Semarang (PSIS). Namun saya saat ini saya masih fokus dan sangat nyaman di Bali United dengan manajemen yang profesional.  

Pos bek kiri nampaknya sudah diplot jadi “jatah” seorang Ricky Fajrin. Baik di Bali United maupun di timnas…

Kebetulan saja. Saya hanya menjalankan instruksi dan kepercayaan pelatih. Yang penting saya selalu berusaha tampil maksimal untuk tiap kesempatan.

Dari kecil memang kidal dan main di posisi bek?

Awalnya saya malah striker. Tapi kemudian menjadi bek. Tapi sempat juga sebagai winger. Sejak kecil saya memang memiliki kaki yang dominan kekuatan di kiri.

Lebih nyaman bek kiri atau stopper?

Sama saja. Saya tergantung pelatih saja, mau ditaruh di mana, saya selalu siap.

Saat Piala Asia U-19 2014 di Myanmar silam, sebenarnya Anda justru tak mendapat menit bermain sama sekali…

Iya mas. Mungkin rezeki saya waktu itu belum di momentum itu. Karena memang tentu pelatih punya penilaian sendiri siapa yang dimainkan dan siapa yang dibangkucadangkan.

Hobi Anda di luar sepak bola?

Tentunya memancing. Mancing di laut lebih menantang. Tapi butuh waktu yang lebih panjang. Kalau di sungai bisa setiap saat. Selain itu, kadang saya juga main game untuk menghilangkan penat.

Bagaimana rasanya jadi pengantin baru?

Hahaha.. alhamdulillah mas.. Saya menikah pada 21 April lalu atau sebelum bulan Ramadan kemarin. Ada banyak nilai positif yang saya dapatkan usai menikah. Ada semangat lebih dalam bekerja.

Ada hasrat main di luar negeri ?

Dalam hati kecil saya, keinginan itu pasti juga ada. Biar merasakan kompetisi di luar sana. Sekali lagi, itu nanti kalau ada kesempatan dan kalau memang rezeki saya.

Sapaan akrab Anda adalah Gentong, bagaimana ceritanya?  

Hahaha.. Iya mas, itu panggilan saya dari kecil karena badan saya dulu gendut. Keluarga dan teman-teman manggil saya gentong dan bertahan sampai saat ini.

Sebelumnya Anda menggunakan nomor punggung 8 dan kini berubah menjadi 24… 

Tanggal 24 adalah kelahiran ibu saya. Tepatnya 24 November. Jadi biar saya selalu ingat akan ibu. Karena sampai saat ini, sudah menjadi ritual saya juga sebelum pertandingan saya selalu memohon doa restu pada orangtua khusunya ibu saya.*SRI NUGROHO

 

Data Diri

Nama:  Ricky Fajrin Saputra

Lahir:  Semarang, 6 September 1995

Tinggi: 176 cm

Berat: 72 kg

 

Karier Klub:

2010 PSIS U-15

2012-2014 Berlian Rajawali

2014 - skg Bali United

 

Karier Timnas

2013/14         Indonesia U-19

2013               Indonesia U-23


Baca Juga :
- Jangan Sampai PSSI Tersandera Makelar Pelatih Timnas
- Menyoal Fit and Proper Tes Pelatih Timnas Indonesia

2013               Indonesia Senior

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA