#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Pelatih Raptors Laris Manis Usai Juara NBA
18 June 2019 07:00 WIB
TORONTO – Kesuksesan yang diraih Toronto Raptors turut berimbas kepada Nick Nurse, sang arsitek tim. Padahal, ia hadir sebagai pengganti Dwane Casey, musim panas lalu. Namun, kepercayaan yang diberikan Presiden Raptors Masai Ujiri berhasil dijawab dengan prestasi mengagumkan.

Menariknya, kala itu, tak sedikit yang menganggap perekrutan Nurse sebagai langkah “bunuh diri”. Tapi, tangan dinginnya mampu membawa Raptors untuk kali pertama sepanjang sejarah jadi kampiun NBA. Tak tanggung-tanggung, lawan yang mereka taklukkan juga bukan sembarangan.

Dalam rangkaian Final NBA 2018/19, Kawhi Leonard dan kawan-kawan memecundangi Golden State Warriors dengan skor series, 4-2. Catatan emas yang dibuat Nurse itu pun membuatnya laris manis. Salah satunya, Basket Kanada (CB) yang meminta dirinya melatih tim nasional (timnas).


Baca Juga :
- Meski Sudah Juara, Bali United Tetap Jaga Tradisi Ini
- Persija Dituntut Mulai Merancang Skuat Juara Meski Kompetisi 2019 Belum Rampung

Nurse pun setuju menangani skuat putra yang sebentar lagi berlaga dalam Piala Dunia FIBA 2019 di Cina, 31 Agustus-15 September. Usai ditunjuk sebagai pelatih, Nurse mengaku gembira karena ini sangat berarti untuk kariernya. Di sisi lain, ini akan jadi tantangan bagi pria 51 tahun tersebut.

Misalnya, materi pemain yang tentu akan berbeda dengan Raptors. Melatih timnas juga akan mengasah skill-nya dalam meracik taktik. “Saya sangat siap menghadapi situasi berbeda seperti ini. Dengan begini, saya bisa menjadi pelatih yang lebih baik lagi,” ujar Nurse seperti dilansir ESPN, Senin (17/6).

Dengan kehadiran Nurse, pencinta basket di negara tersebut bisa berharap timnas mampu berbicara banyak dalam Piala Dunia FIBA 2019. Sepanjang sejarah, Kanada belum pernah menembus semifinal. Hal ini tentu jadi ironi mengingat Kanada memiliki klub yang langganan tampil di NBA, Raptors.

Bahkan, 1995-2001, ada dua tim asal Kanada dalam kompetisi basket terbesar dunia tersebut. Pada rentang waktu itu, ada tim bernama Vancouver Grizzlies yang kini pindah ke Memphis dan berganti nama jadi Memphis Grizzlies. Boleh dibilang, Kanada termasuk negara yang identik dengan basket.

Tahun ini, Kanada juga punya materi pemain mumpuni karena ada banyak yang berlaga di NBA. Beberapa di antaranya bahkan berstatus andalan seperti Jamal Murray (Denver Nuggets) dan Andrew Wiggins (Minnesota Timberwolves). Keduanya merupakan bintang di klubnya masing-masing.

Jangan lupa, Kanada juga akan diperkuat bigman Cleveland Cavaliers, Tristan Thompson. Lalu, ada pula Kelly Olynyk yang menjadi salah satu pilar Miami Heat, musim ini. Dengan kekuatan yang dimiliki, bukan tak mungkin Kanada mampu melangkah jauh di Negeri Tirai Bambu.

Namun, yang perlu digarisbawahi, hingga saat ini belum ada jaminan apakah pemain-pemain bintang tersebut bersedia untuk memperkuat Kanada dalam Piala Dunia FIBA 2019. Untuk itu, Nurse masih menunggu kepastian, siapa saja pemain yang bakal bergabung ke dalam skuatnya di timnas. 

Jangka Panjang 

Kerja sama antara Nurse dan Kanada tak berakhir dalam Piala Dunia FIBA, melainkan hingga Olimpiade Tokyo XXXII/2020. Dengan kata lain, ini merupakan proyek jangka panjang. Namun, Kanada masih harus berjuang memperebutkan tiket, sekaligus mematahkan paceklik dalam empat gelaran Olimpiade.


Baca Juga :
- Ayo Tebak, Slam Dunk James Harden Ini Hitungannya Masuk atau Tidak?
- Teco Spesialis Juara, Bali United Siapkan Rencana Musim Depan

Adapun dalam Piala Dunia FIBA 2019, Kanada tergabung di Grup H bersama Senegal, Lithuania, dan Australia. Dua negara terakhir bakal jadi batu sandungan karena merupakan kekuatan tradisional dalam kancah basket dunia. Untuk laga perdana, Kanada bakal menjalani laga perdana versus Australia.

Pertandingan ini akan menjadi bentrokan yang melibatkan banyak pemain NBA sebab Australia juga memiliki banyak pebasket dalam kompetisi tersebut. Sebut saja, Ben Simmons (Philadelphia 76ers), Andrew Bogut (Golden State Warriors), Patty Mills (San Antonio Spurs), joe Ingles (Utah Jazz), dan lain-lain.*KRISNA C. DHANESWARA

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA