#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS, Sukses Woodland Jadi Juara AS Terbuka
18 June 2019 13:48 WIB
PEBBLE BEACH – Gary Woodland mungkin bukan pegolf yang diunggulkan dalam Amerika Serikat (AS) Terbuka 2019. Namun, berkat kerja keras, pria 35 tahun itu mencetak skor terendah dengan 271 pukulan atau 13 di bawah par, sekaligus memastikan titel di Pebble Beach Golf Links, Kalifornia, Minggu (16/6) waktu setempat.

Sebelum AS Terbuka, Woodland belum pernah meraih gelar dalam ajang mayor. Bahkan, ia juga hadir di Pebble Beach sebagai peringkat ke-25 dunia hingga tak ada yang mengunggulkannya. Namun, pegolf asal Negeri Paman Sam itu justru menampilkan permainan konsisten.

Woodland berhasil mengalahkan juara dua tahun terakhir, Brooks Koepka, dengan selisih tiga pukulan. Pegolf kelahiran 21 Mei 1984 itu pun menegeskan jika titel ini merupakan buah dari kerja kerasnya. Demi mempertajam pukulan, Woodland dalam bimbingan pelatih kenamaan, Pete Cowen.


Baca Juga :
- Federer Diprediksi Bakal Tertantang Torehan Nadal
- Nadal Mengejar Legenda

“Hasil latihan bersama Pete Cowen terbayar lunas di sini (Pebble Beach). Saya memang percaya diri untuk gelaran kali ini dan rasanya luar biasa bisa menang AS Terbuka. Sempat tertekan saat mempimpin klasemen, saya mencoba untuk bermain lepas dan menikmati setiap pukulan,” kata Woodland.

Sejak debut profesional, 2007, prestasi Woodland sejatinya kurang mentereng. Sebelum AS Terbuka 2019, pencapaian terbaiknya di turnamen utama adalah posisi keenam. Tepatnya dalam PGA Championship yang berlangsung di Bethpage State Park Black Course, New York, 16-19 Mei lalu.

Ketika itu, ia mencetak 281 (+1) atau kalah 10 pukulan dari Koepka yang keluar sebagai juara. Sedangkan di AS Terbuka, prestasi tertingginya T23, 2011 silam. Ketika itu, ia hanya mampu mencetak 285 pukulan atau satu di atas par. Begitu pula dengan tahun lalu, di mana ia juga bermain buruk.

Bayangkan, ia hanya mampu tempati T36 dengan 293 (+13). “Dari sudut pandang mental, ini terbaik yang pernah saya alami. Saya tak pernah memikirkan apa yang akan terjadi jika menang. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik di setiap pukulan dan hasilnya luar biasa,” tutur Woodland.

Kemenangan ini menambah koleksi gelar profesional Woodland menjadi enam. Selama mengikuti PGA Tour, ia meraih titel perdana, 2011. Tepatnya dalam Transitions Championship. Kini, Woodland pun mengaku makin termotivasi untuk terus bekerja keras memenangi titel selanjutnya.

Dengan kemenangan di AS Terbuka, Woodland berhak atas uang sebesar 2.250.000 dolar AS (sekitar Rp 32,2 miliar). Lebih dari itu, keberhasilan ini membuat peringkat dunia (OWGR) Woodland melejit ke posisi 12 atau menjadi yang terbaik sepanjang memutuskan berkarier profesional.


Baca Juga :
- Nadal Favorit AS Terbuka, Selangkah Lagi ke Final
- Konta Minta Hentikan Bahasa Negatif

Di sisi lain, bagi Koepka, finis di posisi kedua membuatnya gagal menyamai torehan Willie Anderson dengan hattrick di AS Terbuka 1903, 1904, dan 1905 silam. Namun, hasil dalam ajang ini menjadikannya pegolf pertama yang mencetak skor 60-an selama empat hari turnamen tapi tak juara.

“Gary memperlihatkan permainan hebat dalam empat hari terakhir dan itulah yang harus Anda lakukan jika ingin memenangi AS Terbuka. Ia pantas mendapatkan gelar karena sudah bekerja keras. Saya senang untuknya,” ujar Koepka yang berhak atas 1.350.000 dolar AS (sekitar Rp 19 miliar).*MUHAMMAD RAMDAN

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA