#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS: Preview Becamex Binh Duong Vs PSM
19 June 2019 11:45 WIB
THU DAU MOT – Mesin Becamex Binh Doung sudah panas. Begitu AFC menganalisis kekuatan wakil Vietnam itu dalam Piala AFC 2019. Dengan kondisi demikian, rapor belum terkalahkan PSM dalam ajang kontinental ini diprediksi akan ternoda, saat bentrok di Stadion Go Dau, Rabu (19/6) sore ini.

Hal itu akan tercipta bila Juku Eja, julukan PSM, tampil menunggu. Pasalnya, Becamex selalu tampil agresif sejak menit awal laga. Gol cepat memang belum pernah diciptakan The Green Red, julukan Becamex, tetapi determinasi tinggi dari awal membuat lawan lengah atau kelelahan pada menit-menit akhir.

Hal seperti ini diperlihatkan ketika Becamex melawan Persija dan Ceres Negros. Saat menaklukkan Persija dengan skor 3-1, Becamex melesakkan dua gol pada pengujung babak pertama, yakni menit ke-38 dan injury time. Sedangkan saat unggul 1-0 atas Ceres, gol tercipta pada menit ke-88.


Baca Juga :
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Sabtu 7 Desember
- Efektivitas Mousset Kunci Sheffield melawan Newcastle

Dari total 13 gol yang telah diciptakan selama Piala AFC 2019, tak ada pula pemain yang dominan. Wander Luiz memimpin dengan empat gol, disusul Victor Mansaray dengan tiga gol, kemudian To Van Vu mengoleksi dua gol, dan Nguyen Anh Duc serta Ali Rabo, sama-sama menyumbang satu gol.

Adapun gawang Becamex baru lima kali kebobolan. Ini rekor terbaik semifinalis zona ASEAN Piala AFC 2019. Akurasi umpan Becamex pun lebih baik dari PSM. Dari enam laga, rerata umpan akurat Le Tan Tai dan kawan-kawan 81 persen. Adapun rerata umpan akurat PSM hanya 77 persen.

Tan Tai juga tercatat sebagai pemain paling sukses dalam hal umpan. Dari total 249 umpan yang dilepaskan, 88 persen di antaranya sukses. Sedangkan pengumpan terbanyak PSM, yakni Willem Jan Pluim, yang melepas 327 umpan, hanya 75 persen di antaranya yang tepat sasaran.

Tetapi, PSM punya Eero Markkanen. Striker jangkung berpaspor Finlandia itu tak hanya piawai melesakkan gol, yakni lima gol, tetapi juga cerdik membuat peluang. Dari empat laga yang ia lakoni, ada 11 peluang dan lima umpan kunci yang ia ciptakan, dengan satu di antaranya menjadi assist atau berbuah gol.

Catatan Markkanen hanya bisa disamai Wander Luiz, penyerang Becamex. Selain sudah mengoleksi empat gol, Luiz berhasil melepaskan delapan umpan kunci yang dua di antaranya menjadi assist. Namun, akurasi umpan pria Brasil ini tak terlalu baik, yakni hanya 64,8 persen yang tepat sasaran.

Gelandang PSM Mark Anthony Klok, mengaku sudah tak sbar bentrok dengan Becamex. Keberhasilan Persija, menahan Becamex dalam laga kandang pada fase grup Piala AFC, jadi inspirasinya. “Kami mencari clean sheet sekaligus kemenangan di Vietnam,” kata gelandang pengoleksi tiga gol itu.


Baca Juga :
- PSM vs Borneo FC Berburu Poin Kejar Tiket Asia
- Jadwal Siaran Langsung Liga 1 2019, Rabu 27 November

Ewaklok, julukannya, menambahkan, kegagalan Persija menembus babak grup, semakin memotivasi segenap pemain PSM. “Kami ingin yang terbaik untuk negara kami dan menempatkan Indonesia di peta persaingan Asia lagi. Saya benar-benar yakin kami bisa melakukan hal tersebut,” ucap Klok.

Adapun Tan Tai, menyebut pertahanan PSM tak terlalu baik. Karenanya laga kandang ini akan dimanfaatkan untuk mengumpulkan gol, sebagai modal sebelum laga leg kedua di Indonesia, 26 Juni mendatang. “PSM adalah tim yang tangguh dalam menyerang tapi mungkin tidak kuat saat bertahan," ujar Tan Tai.***

loading...

BERITA TERKAIT

news
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA