#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Joao Felix, Berlian Baru Milik Simeone
19 June 2019 12:21 WIB
Penyerang 19 tahun yang baru enam bulan bermain di level senior ini diyakini bisa menjadi penerus sempurna Griezmann.

MADRID – Setelah sempat kedapatan telah berada di Madrid sebelumnya, Joao Felix akan diresmikan sebagai rekrutan anyar Atletico Madrid pada hari ini, Rabu (19/6). Tim ibu kota berhasil memenangkan persaingan dengan tim besar lainnya, Manchester City, dalam perebutan jasanya. Kini pelatih Diego Simeone atau yang dijuluki El Cholo telah mendapat permatanya.

Meski masih sangat muda, penyerang 19 tahun ini menjadi pemain yang sangat diinginkan dengan segala kualitas yang dimilikinya. Ia adalah penyerang berbakat yang juga memiliki fleksibilitas, suatu faktor yang sangat dituntut di tim asuhan Simeone. Apa lagi kini kondisi tim kehilangan bintangnya, Antoine Griezmann, yang memutuskan hengkang.


Baca Juga :
- Atletico Baru, Rasa Lama
- Simeone Datangkan Rodrigo demi Melindungi Felix

Felix jadi berlian untuk El Cholo bukan hanya karena apa yang ditawarkannya. Tapi juga dilihat bagaimana cara sang pelatih membawanya ke Wanda Metropolitano, markas Atletico. Ia bergabung ke Los Rojiblancos –julukan Atletico– dengan mendapat perlakuan yang terbilang istimewa dari mulai banderol, jaminan, hingga upah yang dibayarkan.

Penyerang SL Benfica ini didatangkan dengan ditebus klausul pelepasannya yang selangit; 120 juta euro (sekira Rp2 triliun). Itu jadi pembelian termahal klub, jauh lebih tinggi dibanding rekor sebelumnya yakni 70 juta euro untuk Thomas Lemar dari AS Monaco. Selain itu kabarnya ia lebih memilih Atletico ketimbang Man.City karena ada jaminan bermain.

Perkara gaji, Felix bakal mendapat bayaran tujuh juta euro per musimnya. Angka itu hanya kalah dari Diego Costa dan Alvaro Morata, dan terbilang fantastis bagi pemain kategori di bawah usia 20 tahun. Upahnya tersebut setara dengan para pilar penting Los Rojiblancos lainnya yang jauh lebih senior: Koke Resurreccion, Saul Niguez dan Lemar.

Setelah dikaitkan dengan berbagai klub usai menjalani musim yang luar biasa di 2018/19, penyerang asal Portugal memang terlihat condong ke Atletico. Senin (17/6) malam waktu Madrid, ia terlihat makan malam tertutup ditemani agennya Jorge Mendes yang disinyalir merupakan pembicaraan akhir dan tinggal tes medis sebelum diresmikan.

Mengorbit dan Bersinar

Sejatinya musim lalu merupakan debutnya di level senior setelah diorbitkan dari Benfica B. Enam bulan terakhir pun berhasil dijalaninya dengan luar biasa sebab bisa menjadi sosok vital bagi permainan Aguias, julukan Benfica. Perannya lebih dari 20 gol dan 11 assist yang diciptakan, tapi juga merupakan motor serangan tim yang bisa main di mana pun.

Posisi idamannya adalah pemain nomor 10 atau menjadi playmaker. Tapi selama 2018/19 ia terus bisa diandalkan di berbagai posisi serangan. Adaptasinya luar biasa, ia punya kemahiran dan teknik tinggi yang mengedepankan permainan cerdas. Felix lebih sering diturunkan sebagai second striker ataupun pendobrak dari kiri karena spesialis transisi.

Dengan segala yang dimilikinya, ia yang akhirnya mendapat debut tim nasional senior di awal bulan ini diyakini bisa menjadi penerus sempurna Griezmann. Di strategi El Cholo, Atletico mengedepankan kekuatan bertahan dan mengandalkan kecepatan serangan balik. Di situ Felix bisa dapat berguna, untuk bersinergi dengan Diego Costa atau Alvaro Morata.***TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

Joao FELIX
Usia: 19 Tahun
Tingg/Berat: 180cm/64kg
Tim: SL Benfica/Portugal
Posisi:
Second striker
Gelandang serang
Sayap kiri-kanan
Striker

Rapor Penampilan di Klub Sepanjang 2018/19:
43 Main
10 Pengganti
18 Digantikan
2.866 Menit main
20 Gol
143 Menit per gol
11 Assist
260 Menit per assist
6 Kartu kuning
0 Kartu merah

Statitistik Bersama Timnas:
Level              Main (Menit)           Gol/Assist      Debut (Usia)
Portugal         1 (70)             0/0                  5 Jun 2019 (19 Tahun)
Portugal U21 10 (688)         4/2                  10 Okt 2017 (17)
Portugal U19 2 (100)           0/2                  15 Jan 2018 (18)
Portugal U18 2 (116)           2/0                  14 Jun 2017 (17)

 

GELAR


Baca Juga :
- Atletico Siap Menjadi Salah Satu Raksasa Eropa
- Joao Felix Tentukan Kemenangan Atletico Madrid Atas Juventus

Benfica: 1 Liga Portugal 2018/19

Timnas: Liga Negara-negara Eropa 2018/19

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA