#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Brasil Bukan seperti Tim Penuh Bintang
20 June 2019 07:27 WIB
SALVADOR - Harapan tim nasional Brasil untuk merebut kembali hati publik sepak bola Negeri Samba gagal terwujud. Cemoohan terhadap Selecao bahkan makin bertambah setelah mereka hanya bermain imbang 0-0 dengan Venezuela pada laga kedua Grup A Piala Amerika 2019 di Itaipava Arena Fonte Nova, Selasa (18/6).

Terlepas dari hasil minimal ini, Brasil masih bertahan di puncak Grup A dengan empat poin dari dua laga. Selecao juga dipastikan tidak akan finis di bawah posisi tiga besar sehingga boleh dibilang dijamin lolos ke perempat final. Tapi, hasil imbang di kandang sendiri lawan tim sekelas Venezuela adalah sesuatu yang sulit bisa diterima.

Secara teknis, permainan Brasil lawan Venezuela masih lebih baik daripada yang mereka tampilkan saat mengalahkan Bolovia 3-0 pada laga pertama. Tapi, Dani Alves dan kawan-kawan tidak mampu menembus pertahanan ketat yang diterapkan La Vinotinto.


Baca Juga :
- Kemampuan Foyth Bermain Dua Posisi Untungkan Tottenham
- "Tambang Emas" di Bursa Pemain 2019

Brasil sempat tiga kali membobol gawang Venezuela. Pertama lewat aksi Roberto Firmino jelang turun minum, kemudian melalui pemain pengganti, Gabriel Jesus, di awal babak kedua, dan terakhir lewat aksi Philippe Coutinho di pengujung laga. Tapi, ketiganya tidak disahkan menjadi gol oleh wasit setelah berkonsultasi dengan Video Assistant Referee (VAR).

Karenanya, bek tengah Thiago Silva menyesalkan sikap fan Brasil yang mencemooh mereka. "Menurut saya cemoohan itu tidak layak karena Venezuela,” katanya. “Kami kesulitan meningkatkan tempo permainan karena mereka sangat defensif. Terkadang kami terburu-buru mengoper bola dan gagal. Tapi, saya percaya kami bermain bagus secara keseluruhan. Meski begitu, saat kita tidak mencetak gol segalanya jadi salah."

Argumen Silva tidak salah. Berasarkan statistik, Brasil menguasai pertandingan sepenuhnya. Mereka juga sangat banyak melepaskan umpan silang, 37 kali. Pada saat yang sama Selecao hanya melepaskan satu tembakan ke gawang.

Ini fakta yang sangat ironis. Pasalnya, dalam pertandingan lawan Venezuela itu, Brasil menorehkan rekor umpan silang terbanyak sekaligus tembakan ke gawang paling sedikit dalam empat edisi terakhir Piala Amerika (2011, 2015, 2016, dan 2019).

Menurut bek kiri Filipe Luis, sebagian besar pemain dalam skuat Brasil telah terbiasa dengan cemoohan. Jadi, mereka tidak mau menanggapinya terlalu serius. Tapi, dia juga memperingatkan suporter bahwa cemoohan tersebut bisa jadi bumerang.

“Jika suporter tidak ikut membantu dan memilih mencemooh kami, atau bahkan mendukung lawan, maka Brasil bisa saja kalah,” ujar Luis. “Kami akan mencoba merespons cemoohan itu dengan bekerja lebih keras dan memberikan yang terbaik..”

Kebuntuan yang dialami Brasil lawan Venezuela memunculkan kembali perdebatan soal arti penting Neymar Junior yang absen di Piala Amerika 2019 karena cedera. Bintang Paris Saint Germain ini memang senjata yang sangat mematikan di lini depan dengan 60 gol dalam hanya 97 laga bersama Selecao. Tapi, dengan trio penyerang sekelas Coutinho, Firmino, dan Jesus, Brasil tetap memiliki barisan lini depan terbaik di turnamen ini.

Kini, Brasil harus memenangi laga terakhir lawan Peru di Sao Paulo, Sabtu (22/6), untuk memastikan keluar sebagai juara Grup A. Tapi, hasil imbang kemungkinan sudah cukup buat Selecao untuk finis di puncak. Kedua tim memang sama-sama mengoleksi empat poin, tapi Tim Samba unggul selisih gol.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Brasil 0-0 Venezuela
Stadion:
Arena Fonte Nova
Penonton: 39.662

Brasil 4-2-3-1
Pelatih:
Tite

1 Alisson

13 Alves
4 Marquinhos
2 Silva
6 Filipe Luis

8 Arthur
5 Casemiro/17 Fernandinho (57)

21 Richarlison/9 Jesus (46)
11 Coutinho
7 Neres/19 Everton (72)

20 Firmino

Venezuela 4-1-4-1
Pelatih:
Rafael Dudamel

1 Farinez

16 Rosales
3 Osorio
2 Villanueva
20 Hernandez

7 Machis/19 Figuera (76)

6 Herrera/18 Soteldo (66)
5 Moreno
8 Rincon
15 Murillo

23 Rondon/17 Martínez (85)

Gol: -
Wasit: Julio Bascunan


Baca Juga :
- Klopp Inginkan Asensio untuk Menantang Salah
- VARsil, BRAsil

Kartu kuning: Casemiro, Murillo, Figuera
Kartu merah: -        
Tembakan ke gawang: 1-1
Tembakan melebar: 11-3
Tendangan pojok: 9-2
Offside: 2-0
Pelanggaran: 12-18
Penguasaan bola: 67-33

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA