#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
Kerr Pemain Spesial The Matildas
20 June 2019 06:38 WIB
GRENOBLE - Sam Kerr bermain menggila saat mengantar tim putri Australia menghantam Jamaika, 4-1, di laga ketiga Grup C Piala Dunia Wanita 2019. Bertanding di Stadion Des Alpes, Grenoble, Prancis, Selasa (18/6) malam, striker dan kapten The Matildas itu memborong keempat gol untuk timnya. 

Secara teori, Jamaika masih berpeluang ke babak knockout. Dengan syarat, mereka mampu mengalahkan Australia pada laga terakhir grup. Namun, mentalitas Reggae Girlz sepertinya langsung jatuh begitu Kerr mencetak dua gol di babak pertama.    

Striker 25 tahun itu mencetak gol pertamanya lewat sundulan memanfaatkan umpan silang Emily Gielnik pada menit ke-11. Lewat sundulan pula, penyerang tengah Chicago Red Stars tersebut mencetak gol kedua pada menit ke-42.


Baca Juga :
- Piala AFF Futsal 2019, Timnas Indonesia ke Semifinal Usai Bantai Australia
- Tahan Vietnam, Indonesia Hanya Butuh Imbang lawan Australia

Jamaika sempat membalas lewat gol yang dicetak gelandang Havana Solaun pada menit ke-49. Itulah gol pertama Jamaika di putarean final Piala Dunia Wanita. Tetapi, Kerr kembali membuat Jamaika terdiam lewat golnya pada menit ke-69 untuk menggenapi hattrick. Pada menit ke-83, striker yang turun di Women’s Soccer League (WLS) di Amerika Serikat (AS) itu menutup pesta gol Australia.

“Ia pemimpin yang menginspirasi,” ucap Ante Milic, pelatih Australia, tentang Kerr. “Kerr pemain yang istimewa, special one. Ia layak mendapat pujian. Demikian juga seluruh pemain yang telah membantunya membuat gol-gol fantastis.”

Tambahan empat gol ke gawang Jamaika membuat Kerr kini sudah mencetak 36 gol dalam 80 pertandingan internasional untuk Australia. Di Piala Dunia Wanita ini pun Kerr sudah menyamai jumlah gol striker AS, Alex Morgan, lima, untuk bersama memimpin daftar top scorer.

Torehan Kerr juga membuatnya masuk sejarah dalam sepak bola putri Australia. Tidak ada sebelumnya pemain Australia yang mampu mencetak gol sebanyak Kerr saat ini, dalam satu gelaran Piala Dunia Wanita.   

Berkat kemenangan besar atas Jamaika, Australia juga berhak melaju ke babak knockout karena berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup C. Empat gol dari Kerr membuat The Matildas mengoleksi delapan poin. Kendati memiliki selisih gol yang sama (+3), Australia unggul jumlah gol dibanding Brasil yang harus puas berada di peringkat ketiga.

Dari dua pertandingan di Grup C yang berlangsung Rabu dini hari WIB, tiga tim berhasil memastikan lolos ke 16 besar. Italia tetap memimpin grup meskipun kalah tipis, 0-1, dari Brasil. Gol penalti dari Marta membuatnya menjadi pemain dengan gol terbanyak di Piala Dunia (17) secara keseluruhan, baik pria maupun wanita.

Kekalahan dari Brasil tidak menggoyahkan Italia sebagai pemuncak klasemen Grup C. Brasil sendiri lolos ke fase knockout dengan status salah satu peringkat ketiga terbaik. Cina juga mengikuti langkah Brasil sebagai peringkat ketiga Grup B.

Kini, empat tim akan memperebutkan dua jatah terakhir dari peringkat ketiga terbaik. Dari sisi poin, Nigeria dan Argentina yang paling berpeluang. Nigeria yang mengoleksi tiga poin dari tiga laga, sudah tidak mungkin lagi menambah angka.

Hingga dini hari WIB tadi, paling tidak dua tim masih berpeluang menggeser Nigeria. Argentina bisa melakukannya jika berhasil mengalahkan Skotlandia di Grup D. Kamerun yang memiliki selisih gol -3 juga bisa menyingkirkan Nigeria (selisih gol -2) jika di laga terakhir Grup E mampu menaklukkan Selandia Baru dengan selisih dua gol atau lebih. Jika selisih gol kedua tim tetap sama, maka poin dari fair play (jumlah kartu kuning atau merah) dan posisi saat undian, akan menjadi penentu.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER 

Sam Kerr AUSTRALIA
Striker                        25 Tahun

Statististik Piala Dunia Wanita 2019
Main 3
Gol 5 - 2 Kaki kiri
            1 Kaki kanan
            2 Kepala
Assist 0
Total Tembakan/Percobaan Gol 16 - 11 Tepat target
                                                            4 Melebar
                                                            1 Diblok


Baca Juga :
- Hadapi Vietnam, Malaysia, dan Australia, ini Jadwal Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2019
- Sering Cedera, Operan Neymar Ternyata Paling Berbahaya

 

 

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA