#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
Gaya Operan Lionesses Terinspirasi Guardiola
20 June 2019 07:56 WIB
PENYERANG FC Barcelona Femeni, Toni Duggan, beberapa kali bertemu Josep “Pep” Guardiola selama berseragam Manchester City FC (2013-2017). Namun ingatan favoritnya adalah ketika dia diam-diam ingin pelatih The Citizens tersebut pergi. Padahal, Duggan berharap bisa “mencuri” pengalaman dari pelatih terbaik dunia itu.

Duggan sedang melakukan latihan ekstra di salah satu ruang Etihad Campus saat menyadari sosok Guardiola melihatnya dari sudut tersembunyi. Kedua tangan pria Spanyol itu terkunci di belakangnya, memakai jumper abu-abu, diam-diam menatap ke tempat Duggan berlatih. Pemain 27 tahun itu seketika tak tahu harus berbuat apa.

“Dia hanya berdiri, mengawasi,” kata Duggan mengingat “Saya langsung diam. Berpikir ‘Apa saya harus berhenti? Menjabat tangannya? Tetap latihan, pura-pura tidak melihat Pep Guardiola? Saya lalu berjalan ke arahnya, dan dia seperti: Jangan, lanjutkan latihan! Oh, Tuhan! Dia tetap berdiri di sana, lalu pergi setelah beberapa saat!”


Baca Juga :
- Kado Perpisahan Terindah Ellis
- Timnas Wanita Amerika Serikat Pertimbangkan Tunjuk Phil Neville Sebagai Pelatih

Duggan berharap mereka bisa duduk dan berbicara sepak bola “Saya pikir saya takkan pernah bisa menjauh darinya. Saat melihatnya dari kejauhan dan hanya berpikir ‘Wow’. Saya ingin bertanya sesuatu tetapi mungkin saya akan berdiri di depannya! Pep dan Man. City telah mengubah cara pandang saya terhadap sepakbola,” lanjutnya.

Menurut Duggan, Guardiola secara tidak langsung memberi inspirasi pada gaya passing (operan) timnas Wanita Inggris. “Pep Guardiola sosok luar biasa, dan ada begitu banyak orang hebat di tim pria yang bekerja di Man. City dan sangat bagus untuk bisa saling bertukar kata-kata dengan mereka.”

Dan sementara Duggan menikmati gaya set-up di Barcelona, ada pemain Inggris lainnya yang mendapatkan manfaat dari permainan sepak bola yang lebih beragam dan saling terkoneksi. Dialah Abbie McManus, yang dipasang dalam kedua laga Lionesses di Prancis, mengakui sangat mengenal permainan Man. City era Guardiola.

Sejak Pep tiba, permainan The Citizens dibuat seragam, dari tim pria ke tim wanita sampai tim akademi. “Jadi itu bukan hal baru buat saya,” ujar McManus yang hijrah ke Manchester United FC, Mei lalu. Pelatih tim Wanita Man. City Nick Cushing, sering bicara dengan Guardiola. Rodolfo Borrell, asisten Pep juga kerap datang membantu.

“Di Man. City itu adalah hal besar bahwa semua orang akan memainkan gaya yang sama. Sistem itu juga yang juga membantu saya sebagai pemain untuk memahami gaya bermain dari belakang,” lanjut McManus menjelaskan.


Baca Juga :
- Inggris sampai Semifinal, Neville Tetap Dinilai Gagal
- Prediksi Inggris Vs Amerika Serikat, Semifinal Piala Dunia Wanita 2019

Pelatih timnas putri Inggris, Phil Neville secara sadar menyesuaikan gaya dari tiga tim teratas Liga Super Wanita: Man. City, Chelsea, dan Arsenal. Semua itu selanjutnya mengombinasikan Neville dengan pengalamannya kala melatih Valencia CF. Hasilnya, Lionesses memetik kemenangan dalam dua laga awal Piala Dunia 2019*NURUL IKA HIDAYATI DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...

BERITA TERKAIT

Total Komentar 0
Tulis Komentar +
news
ARTIKEL SEBELUMNYA