#1
TOPSKOR   |   Harian Olahraga Pertama di Indonesia
news
INFOGRAFIS: Siapa Paling Cocok dengan Messi?
20 June 2019 07:18 WIB
BARCELONA – Bursa transfer musim panas ini akan menjadi semakin rumit bagi FC Barcelona. Kantor klub di Camp Nou jadi kian sibuk pasca Presiden Paris Saint-Germain (PSG) Nasser Al-Khelaifi mengaku telah siap melepas bintangnya, Neymar Junior. Kini tim berjuluk Los Azulgrana ini dikabarkan bakal berubah haluan terkait penyerang yang diincarnya.

Seperti yang diketahui, belakangan mereka terus dikabarkan segera merekrut Antoine Griezmann, pemain yang diburu sejak musim panas lalu. Tim asal Katalan cuma tinggal menunggu Juli tiba (saat klausul pelepasannya berkurang). Sang pemain sudah memutuskan hengkang dan klubnya Atletico Madrid juga telah memperjelas bahwa Barca lah tujuannya.

Sekarang operasi yang dijalankan Los Azulgrana kemungkinan akan berubah, setelah ada “intervensi” dari sang megabintang Lionel Messi. Menurut El Mundo, ia menyarankan klub untuk membawa pulang Neymar ke presiden Josep Maria Bartomeu. Penyerang berjuluk La Pulga ini lebih mau winger 27 tahun itu ketimbang Grizzi, sapaan akrab Griezman.


Baca Juga :
- Casillas Bilang Ronaldo Tidak Layak Menangkan Ballon d'Or 2019, Pemain Ini Lebih Pantas
- Messi dan Barcelona Bicara Kontrak Baru

Keinginan klub mengubah haluannya dalam transfer ini cukup mendasar. Saat ini Neymar tak lagi dalam “kekangan” PSG. Meski mendapatkan Griezmann bisa lebih mudah (karena sudah di depan mata), penyerang asal Brasil menawarkan sesuatu yang lebih: keberadaannya sudah terbukti berdampak besar bagi Los Azulgrana.

Dengan Neymar, Barca pernah memiliki barisan serang paling mematikan yakni Trio MSN, bersama Messi dan Luis Suarez. Di musim pertama sejak direkrut dari Santos FC (2013/14) ia memang masih harus berbagi tempat dengan penyerang lain. Tapi saat trisulanya terbentuk, kesuburan klub kian tak terbendung dan berbuah banyaknya trofi.

Selama tiga musim beruntun di lintas kompetisi, kombinasi Messi, Suarez, dan Neymar menghasilkan 122 gol di 2014/15, 131 pada 2015/16, dan 111 untuk 2016/17. Perlu diingat, terakhir mereka menjuarai Liga Champions (trofi yang belakangan terus dirindukan) yakni di era awal terbentukan Trio MSN; 2014/15.

Ketiganya pun masih berkomunikasi dengan baik sehingga kasarnya, ruang ganti tim yang saat ini diasuh Ernesto Valverde itu juga menginginkan Neymar. “Ini sebuah fenomena. Kami masih berhubungan dan faktanya saya, Neymar dan Suarez punya grup di WhatsApp,” ucap Messi. Sementara Suarez; “Siapa yang tak ingin bermain di sebelah Neymar dan Messi?”.

Klub sendiri melalui juru bicara Jose Vives tak mengesampingkan opsi merekrut lagi Neymar. Untuk itu, COPE menyebut akan ada operasi yang saling berkaitan antara Los Azulgrana, Neymar, Griezmann, dan PSG. Tim asal Prancis diharap mendatangkan Grizzi sebagai pengganti penyerang jebolan Akademi Santos yang nantinya balik lagi ke Katalunya.


Baca Juga :
- Messi Minta Pelatih Brasil Tutup Mulut, Thiago Silva Serang Balik
- Video: Penalti Pelan Messi Ditepis Alisson Becker, tapi Tetap Masuk

Dalam operasi itu, keputusan kunci ada pada pelatih PSG, Thomas Tuchel, dan Griezmann. Namun terlepas dari keberhasilan perubahan haluan, Barca juga harus memperhitungkan pengeluaran gaji yang akan digelontorkan nanti. Pasalnya sejauh ini 62 persen anggaran mereka sudah dialirkan untuk membayar upah pemainnya atau di ambang batas maksimal; 70 persen. 

Grizzi sendiri punya gaji 17 juta euro di Atletico sementara Neymar jauh lebih tinggi dengan dibayar 37 juta euro oleh tim asal Paris. Bagi nama pertama, sebelumnya ia dikabarkan siap memangkas bayarannya jika jadi pindah ke Camp Nou. Pelepasan Philippe Coutinho dan bahkan Ousmane Dembele diyakini belum bisa menambal kehadiran Neymar.*

loading...

BERITA TERKAIT

Penulis
Total Komentar 0
Tulis Komentar +
ARTIKEL SEBELUMNYA